Kenampakan Afrika dari Spanyol dan Sebaliknya

Selat Gibraltar memisahkan Semenanjung Iberia dan Afrika. Keduanya berjarak hanya 13 km pada titik terdekatnya. Kita dapat mudah melihat Afrika dari Spanyol karena jaraknya tidak jauh, dan ada banyak dataran tinggi di kedua sisi.

Kaum Bumi datar menganggap kenampakan Afrika dari Spanyol sebagai “bukti” Bumi datar. Faktanya, Afrika tidak jauh dari Spanyol. Jaraknya tidak cukup jauh untuk membuat lengkungan Bumi menghalangi benua Afrika dari Spanyol dan sebaliknya.

Rute Penerbangan Antipode: Auckland–Madrid

Featured Video Play Icon

Auckland, Selandia Baru, dan Madrid, Spanyol adalah pasangan kota yang hampir antipode. Keduanya terletak saling berseberangan di permukaan Bumi bulat. Karena itu, kita dapat naik pesawat dari Auckland ke arah mana pun, dan tiba di Madrid setelah menempuh jarak yang sama, apapun arah yang kita pilih saat meninggalkan Auckland.

Penerbangan apapun antara pasangan antipode memiliki lama perjalanan yang mirip, walaupun penerbangan-penerbangan tersebut memiliki arah yang berbeda. Fakta tersebut hanya konsisten dengan Bumi bulat, dan tak mungkin dijelaskan jika Bumi datar.

Lanjutkan membaca “Rute Penerbangan Antipode: Auckland–Madrid”