Jika Temperatur di Lapisan Termosfer Sangat Tinggi, Mengapa Manusia Bisa Ke Luar Angkasa?

Termosfer adalah lapisan atmosfer bumi antara sekitar 95 km – 600 km. Dinamakan ‘termosfer’ karena pada lapisan ini temperatur bertambah semakin bertambahnya ketinggian. Temperatur di lapisan ini bisa mencapai 2500°C.

Jika temperatur bisa mencapai 2500°C, lalu mengapa manusia bisa pergi keluar angkasa? (dan kembali lagi dengan slamet)

Jawabannya adalah karena di termosfer kerapatan udara sangat kecil.

Dari seluruh udara yang ada di atmosfer bumi, 80%-nya terletak di lapisan troposfer, yaitu lapisan dari permukaan laut sampai dengan 6-10 km. Kita semua menghirup udara dari lapisan ini. Jumlah massa yang berada di termosfer sana hanya sekitar 0.002% dari seluruh massa atmosfer bumi!

Semakin rendah kerapatan udara, maka semakin kecil panas yang kita rasakan. Biarpun temperaturnya 2500°C, tetapi hanya ada sedikit molekul yang menyentuh astronot dan mentransfer panas melalui konduksi. Akibatnya astronot di sana tidak merasakan panas. Jika termometer biasa dibawa ke sana, maka akan menunjukkan suhu di bawah 0°C.

Hal ini bisa dianalogikan dengan penggorengan. Jika kamu sedang menggoreng makanan, terkadang kamu terkena sedikit percikan minyak panas. Biasanya ini tidak akan menjadi masalah besar walaupun suhu minyak goreng bisa mencapai lebih dari 200°C! Untuk perbandingan, suhu air mendidih adalah 100°C.

Ceritanya akan lain apabila kamu masukkan tanganmu ke dalam penggorengan. Kamu akan merasa sakit dan perlu mendapat perawatan. Ini terjadi karena massa minyak goreng yang berada di penggorengan jauh lebih besar daripada percikannya, walaupun temperaturnya sama.

Untuk kasus ini, tidak perlu dicoba sendiri ya, karena penulis yakin semua sudah tahu bahwa memasukkan tangan di penggorengan itu tidak sehat.

Referensi

Sabuk Van Allen

Kaum flat Earth sering tertukar antara lapisan termosfer dan sabuk Van Allen (hoax yang tertukar™). Temperatur di lapisan termosfer tak ada hubungannya dengan radiasi ion di sabuk Van Allen. Tentang radiasi sabuk Van Allen dijelaskan di artikel khusus tentang sabuk Van Allen.