Perjalanan Mengelilingi Bumi yang Melewati Kedua Kutub

Menurut beberapa korban paham Bumi datar, tidak ada penjelajah yang berhasil mengelilingi Bumi melalui kedua kutub. Yang ada hanyalah penjelajah yang mengelilingi Bumi sejajar dengan garis khatulistiwa, seperti James Cook atau Ferdinand Magellan. Karena jika ada, maka runtuhlah teori Bumi datar dalam seketika.

Ternyata hal tersebut tidak benar. Ada beberapa penjelajah yang sudah pernah melakukan hal tersebut. Dari sekilas pencarian di Internet, kami dapat menemukan paling tidak ada tujuh penjelajah yang telah atau sedang melakukannya.

Lanjutkan membaca “Perjalanan Mengelilingi Bumi yang Melewati Kedua Kutub”

Peta Gleason

Peta Gleason adalah peta yang diklaim sebagai ‘peta Bumi datar’. Sebenarnya peta tersebut adalah proyeksi azimuthal-equidistant dari bentuk Bumi bulat.

Lanjutkan membaca “Peta Gleason”

Al-Biruni: BUKAN Penganut Bumi Datar

Salah satu modus operandi influencer Bumi datar adalah dengan dengan cara mencatut agama atau tokoh agama. Tujuannya adalah untuk mendekatkan paham ini dengan agama dan pengikut-pengikutnya. Karena di Indonesia agama terbesar adalah Islam, maka wajar apabila mereka mencari korban di kalangan umat Islam. Salah satu tokoh agama yang dicatut ini adalah Al-Biruni.

Tapi, tentu saja, sekali lagi, Al-Biruni bukanlah penganut paham Bumi datar.

Lanjutkan membaca “Al-Biruni: BUKAN Penganut Bumi Datar”

Arah Kiblat di Amerika Utara

Setelah memperhatikan arah kiblat di Amerika Serikat atau Kanada, mungkin sebagian dari kamu akan bertanya-tanya. Mengapa arah kiblat tidak lurus ke kota Mekah?

Bagi pihak-pihak tertentu dengan imajinasi yang ekstrem, ‘keanehan’ ini akan diinterpretasikan secara berlebihan, “Pasti ada apa-apanya!” Padahal, penjelasan di balik itu sangatlah sederhana.

Lanjutkan membaca “Arah Kiblat di Amerika Utara”

Waktu Penerbangan Pesawat dan Kejanggalan Pada Model Bumi Datar

Penganut bumi datar akan mengklaim penerbangan dari bagian selatan bumi ke bagian selatan bumi akan melintasi bagian utara bumi. Ini karena bentuk peta bumi datar yang mereka percayai.

Contohnya, penerbangan dari Sydney, Australia ke Johannesburg, Afrika Selatan akan melintasi benua Asia dan Afrika sebelum sampai ke tujuan. Dan penerbangan dari Sydney, Australia ke Santiago, Chile akan melintasi Amerika Serikat sebelum sampai ke tujuan.

Lanjutkan membaca “Waktu Penerbangan Pesawat dan Kejanggalan Pada Model Bumi Datar”

Fakta Emergency Landing Yang Merusak Fantasi Bumi Datar

Salah satu kesalahan yang paling sering ditemui pada penggunaan peta adalah: menarik garis lurus pada peta dan menganggapnya sebagai jarak terdekat. Untuk jarak dekat seperti navigasi dalam kota hal ini tidak jadi masalah besar, namun apabila sudah melibatkan penerbangan jarak jauh, maka garis lurus di peta tidak lagi akurat dalam menggambarkan jarak antara dua lokasi.

Lanjutkan membaca “Fakta Emergency Landing Yang Merusak Fantasi Bumi Datar”

Benarkah Tak Ada Penerbangan Jarak Jauh Langsung Di Bumi Bagian Selatan?

Beberapa penganut Bumi datar mengklaim bahwa tidak ada penerbangan jarak jauh antara dua kota di bagian selatani Bumi tanpa transit melalui Bumi bagian utara. Hal ini karena pada model bumi datar, jarak antara dua kota di selatan Bumi akan sangat jauh, dan penerbangan akan melewati bagian ‘utara’ Bumi.

Lanjutkan membaca “Benarkah Tak Ada Penerbangan Jarak Jauh Langsung Di Bumi Bagian Selatan?”

Mengapa Penerbangan Taiwan-Los Angeles Harus Jauh-Jauh Mendarat Darurat di Alaska?

Sebuah berita mengenai penumpang pesawat yang melahirkan pada rute penerbangan Taiwan – Los Angeles tiba-tiba menjadi viral karena pesawat tersebut mendarat darurat di Anchorage, Alaska. Jika dilihat di peta, maka sekilas terlihat bahwa Alaska jauh dari rute penerbangan Taiwan – Los Angeles. Maka untuk apa pesawat itu jauh-jauh mendarat darurat di Alaska? Mengherankan bukan?

Lanjutkan membaca “Mengapa Penerbangan Taiwan-Los Angeles Harus Jauh-Jauh Mendarat Darurat di Alaska?”