Foto Bumi Dari Luar Angkasa dan Ukuran Benua Yang Terlihat

Pada foto Bumi yang diambil dari luar angkasa, semakin dekat posisi pengamat dari Bumi, maka semakin sedikit bagian Bumi yang terlihat. Sebaliknya, semakin jauh posisi pengamat dari Bumi, semakin banyak bagian Bumi yang terlihat. Namun sejauh apapun, tidak akan bisa melihat kedua kutub Bumi sekaligus.

Kaum Bumi datar menemukan adanya foto-foto Bumi yang menampilkan ukuran benua yang berbeda-beda, lalu mereka gunakan sebagai alasan untuk berprasangka buruk. Mereka salah. Perbedaan ukuran benua tersebut terjadi hanya karena foto-foto tersebut menampilkan Bumi dilihat dari jarak yang berbeda-beda.

Dua gambar Bumi  yang sering ‘dipermasalahkan’ adalah Blue Marble 2002 dan 2012, yang menampilkan ukuran benua Amerika yang jauh berbeda relatif terhadap Bumi yang terlihat.

Untuk ilustrasi, kita dapat gunakan sebuah globe dan kamera dengan lensa zoom:

  • Gambar atas diambil dengan menggunakan lensa tele 70-200mm pada 200mm. Field of view adalah ±11°. Jarak pengambilan gambar adalah ±2.6 meter.
  • Gambar bawah diambil dengan menggunakan lensa wide-angle 16-35mm pada 16mm. Field of view adalah ±98°. Jarak pengambilan gambar adalah ±27 cm.

Untuk keduanya, kami menggunakan kamera Canon 5D Mark III (full frame).

Anda juga bisa melakukan percobaan yang sama jika anda memiliki globe. Untuk kamera, anda bisa menggunakan kamera ponsel selama memiliki fungsi zoom. Jika tidak memiliki globe, dapat dengan mudah digantikan dengan bola sepak, bola basket atau semacamnya.

Terdapat pula aplikasi simulasinya di sini: The True Face of the Earth, Camera Distance matters.

Referensi