Menerbangkan Drone di Dalam Kendaraan Bergerak

Featured Video Play Icon

Jika kita menerbangkan sebuah drone di dalam kendaraan yang sedang bergerak dengan arah dan kecepatan yang konstan, drone tersebut akan terbang seperti biasa karena mempertahankan gerak yang berasal dari kendaraan, dan tidak akan tiba-tiba bergerak ke arah belakang kendaraan.

Kaum Bumi datar mengklaim jika Bumi itu berotasi, maka drone harusnya tak mungkin bisa diam melayang. Faktanya, drone mengikuti hukum gerak pertama Newton, dan fenomena ini mudah diperagakan dengan menerbangkan drone di dalam kendaraan yang bergerak konstan. Dengan demikian bahwa drone dapat diterbangkan dan melayang diam di udara bukanlah bukti bahwa Bumi tidak berotasi.

Lanjutkan membaca “Menerbangkan Drone di Dalam Kendaraan Bergerak”

Menambah Ketinggian Akan Memperlihatkan Objek yang Sebelumnya Tertutup Lengkungan Bumi

Featured Video Play Icon

Karena Bumi bulat, permukaan Bumi akan menutupi objek yang jaraknya cukup jauh. Dengan menambah ketinggian, kita dapat melihat lebih jauh, dan lebih banyak dari objek yang sebelumnya tertutup lengkungan Bumi akan terlihat, mulai dari bagian atasnya terlebih dahulu.

Fenomena ini tak akan terjadi jika Bumi datar. Pada Bumi datar, tidak mungkin permukaan Bumi menutupi objek di kejauhan —mulai dari bagian bawahnya terlebih dahulu— jika pengamat dekat dengan permukaan.

Hal ini juga terjadi untuk objek yang berada di tepi pantai. Permukaan air yang lebih rendah daripada objek ternyata dapat menutupi objek tersebut. Kaum Bumi datar sering menciptakan penjelasan bahwa objek di kejauhan tertutup kontur permukaan Bumi. Fenomena ini dengan mudah membuktikan bahwa mereka salah.