Rute Penerbangan Antipode: Shanghai–Buenos Aires

Featured Video Play Icon

Shanghai, China, dan Buenos Aires, Argentina, adalah pasangan kota yang hampir antipode. Keduanya terletak saling berseberangan di permukaan Bumi bulat. Karena itu, kita dapat naik pesawat dari Shanghai ke arah mana pun, dan tiba di Buenos Aires setelah menempuh jarak yang sama, apapun arah yang kita pilih saat meninggalkan Shanghai.

Penerbangan apapun antara pasangan antipode memiliki lama perjalanan yang mirip, walaupun penerbangan-penerbangan tersebut memiliki arah yang berbeda. Fakta tersebut hanya konsisten dengan Bumi bulat, dan tak mungkin dijelaskan jika Bumi datar.

Lanjutkan membaca “Rute Penerbangan Antipode: Shanghai–Buenos Aires”

Gaya Hambat

Gaya hambat adalah gaya yang arahnya berlawanan dengan gerak benda relatif terhadap fluida di sekelilingnya. Besar gaya hambat berbanding lurus dengan kerapatan fluida tersebut.

Kaum Bumi datar mengklaim karena satelit tidak aerodinamis, maka tak mungkin bisa lebih cepat daripada pesawat. Faktanya, kerapatan udara pada ketinggian satelit kecil, tak menghasilkan gaya hambat besar; maka satelit tak perlu bentuk aerodinamis.

Lanjutkan membaca “Gaya Hambat”

Rute Penerbangan Perth–Johannesburg

Featured Video Play Icon

Dengan membandingkan durasi rute non-stop Perth–Johannesburg dengan rute sama tapi dengan transit, kita tahu rute tersebut hanya memungkinkan jika Bumi Bulat.

Ada penerbangan Perth-Johannesburg dengan transit, misalnya di Dubai & digunakan kaum Bumi datar sebagai “bukti” Bumi datar. Faktanya, bukan berarti tak ada rute non-stopnya & adanya rute tersebut mudah kita verifikasi. Fakta ini hanya konsisten pada Bumi bulat dan tak mungkin dijelaskan pada Bumi datar.

Lanjutkan membaca “Rute Penerbangan Perth–Johannesburg”

Mengapa Sulit Menemukan MH370 Walaupun Ada Satelit

Jika ada banyak satelit menyediakan layanan navigasi dan citra Bumi, lalu mengapa sulit untuk mencari lokasi MH370 yang hilang?

Navigasi satelit (termasuk GPS) itu bersifat pasif. Satelit mengirim sinyal, yang kemudian diproses oleh penerima di MH370 untuk menentukan lokasi dirinya sendiri. Satelitnya sendiri tak menerima sinyal apapun dari MH370, dan tak dapat mengetahui lokasinya.

Pesawat penumpang memang mengirimkan lokasinya melalui pemancar ADS-B. Tapi saat penerbangan MH370, hanya ada stasiun penerima ADS-B di darat, dan belum ada penerima ADS-B berbasis satelit. Jika pesawat berada di tengah lautan, tak akan ada yang dapat menerima sinyal ADS-B dari pesawat tersebut.

Satelit citra mengorbit Bumi berkali-kali dalam sehari, dan terus menerus mengambil foto permukaan di bawahnya. Satelit ini kembali ke lokasi yang sama setelah beberapa hari, dan tak akan dapat melihat MH370, kecuali jika kebetulan.

Referensi

Penerbangan Non-Stop Jarak Jauh Di Bumi Bagian Selatan

Featured Video Play Icon

Ada banyak penerbangan langsung jarak jauh antara dua lokasi di selatan khatulistiwa, yang tidak melintasi utara Khatulistiwa. Rute-rute tersebut hanya dapat terjadi jika Bumi itu bulat, dan mustahil terjadi jika Bumi datar.

Kaum Bumi datar mengklaim semua rute jarak jauh di selatan Khatulistiwa selalu transit di utara Khatulistiwa. Faktanya, ada banyak rute-rute tersebut yang non-stop tanpa transit.

Lanjutkan membaca “Penerbangan Non-Stop Jarak Jauh Di Bumi Bagian Selatan”

Pengamatan Pesawat Mulai Tertutup Lengkungan Bumi

Dari pengamat di darat, pesawat pada ketinggian 36000 ft akan mulai tertutup lengkungan Bumi pada jarak 400 km. Namun kita memiliki keterbatasan jarak pandang akibat atmosfer Bumi. Pada kasus terbaik, kita hanya dapat melihat paling jauh 240 km.

Kita dapat dengan mudah mengamati kapal tertutup lengkungan Bumi, dan kaum Bumi datar gemar menuntut hal yang sama untuk pesawat terbang. Faktanya, pesawat mulai tertutup lengkungan Bumi pada jarak yang sangat jauh yang sudah jauh di luar jarak pandang. Tetapi jika pesawatnya terbang rendah, seperti saat akan mendarat, kita dapat melihatnya mulai tertutup lengkungan Bumi.

Lanjutkan membaca “Pengamatan Pesawat Mulai Tertutup Lengkungan Bumi”

Mengamati Lengkungan Bumi Saat Dalam Penerbangan

Pada ketinggian jelajah pesawat jet penumpang, lengkungan Bumi masih terlalu kecil untuk terlihat tanpa sengaja. Tapi dengan perencanaan matang dan pengamatan yang teliti, kita dapat melihatnya.

Lanjutkan membaca “Mengamati Lengkungan Bumi Saat Dalam Penerbangan”

Penerbangan Qantas QF14: Buenos Aires – Darwin

Pada awal Oktober 2021, Qantas melakukan penerbangan repatriasi tak rutin dari Buenos Aires, Argentina, ke Darwin, Australia. Itu adalah penerbangan penumpang jarak jauh yang paling mendekati Kutub Selatan.

Jika Bumi datar, penerbangan ini harusnya melintasi Amerika Selatan, Kanada, Rusia, Jepang, dan Indonesia. Tetapi penerbangan ini melintasi Antarktika, karena Bumi berbentuk Bulat, tidak datar.

Lanjutkan membaca “Penerbangan Qantas QF14: Buenos Aires – Darwin”

ETOPS

Featured Video Play Icon

ETOPS adalah aturan keamanan yang mengharuskan rute pesawat tak terlalu jauh dari bandara terdekat. Peringkat ETOPS yang lebih tinggi memungkinkan rute yang berjarak lebih jauh, tetapi memiliki aturan yang lebih ketat dan biaya yang lebih mahal.

Pada tahun 2021 belum ada rute penerbangan yang melintasi Antarktika. Kaum Bumi datar menjadikan itu “bukti” Bumi datar. Faktanya, tak ada bandara di Antarktika, sehingga rute penerbangan perlu menggunakan pesawat berperingkat ETOPS tinggi. Akibat biaya dan pasar yang terbatas, belum ada maskapai yang merasa rute tersebut menguntungkan.

Lanjutkan membaca “ETOPS”

Melintasi Antarktika: Pesawat Penumpang Komersil vs Pesawat Pribadi

Pesawat penumpang komersil mirip dengan transportasi publik seperti bus atau kereta. Operator yang menentukan rutenya, dan penumpang menggunakannya jika sesuai dengan yang dibutuhkan. Sebaliknya, pesawat pribadi mirip dengan taksi atau ojol. Penumpang yang menentukan rutenya.

Saat ini tak ada maskapai penerbangan dengan rute melintasi Antarktika dan kaum Bumi datar menggunakan hal tersebut sebagai “bukti” mustahil untuk terbang melintasi Antarktika. Faktanya, maskapai penerbangan memilih untuk tidak memberikan layanan tersebut karena alasan komersil atau lainnya. Bukan karena mustahil untuk terbang melintasi Antarktika. Kita dapat menggunakan pesawat pribadi jika kita memang ingin terbang melintasi Antarktika, seperti kita menggunakan taksi atau ojol untuk pergi ke lokasi yang tidak dilayani bus atau kereta.

Indikator Horizon Pesawat Terbang

Featured Video Play Icon

Indikator horizon adalah instrumen pesawat terbang yang memberi informasi orientasi pesawat relatif terhadap horizon. Indikator horizon menggunakan giroskop untuk mendeteksi perubahan orientasi, dan pendulous vane untuk terus menerus memperbaiki orientasi

Kaum Bumi datar mengklaim jika indikator horizon menggunakan giroskop, harusnya akan bergeser jika pesawat bergerak mengikuti lengkungan Bumi. Faktanya pada indikator horizon terdapat mekanisme untuk terus menerus memperbaiki orientasi jika giroskop bergeser karena hal apa pun, termasuk akibat gerak pesawat mengikuti lengkungan Bumi.

Lanjutkan membaca “Indikator Horizon Pesawat Terbang”

Helikopter dan Gerak Rotasi Bumi

Karena fenomena inersia / kelembaman, kita tak dapat pergi ke lokasi lain dengan cara melayang di dalam helikopter, dan menunggu Bumi berotasi di bawah kita sampai kita tiba di tujuan.

Kaum Bumi datar mengklaim bahwa kita tak dapat melakukan hal tersebut adalah bukti Bumi tidak bergerak. Faktanya, helikopter sebenarnya sudah bergerak dengan kecepatan yang sama dengan permukaan Bumi, saat masih berada di permukaan Bumi.

Lanjutkan membaca “Helikopter dan Gerak Rotasi Bumi”

Jendela Pesawat Yang Melengkung dan Pengamatan Lengkungan Bumi

Dengan pengamatan yang teliti, kita dapat melihat lengkungan Bumi dari pesawat. Untuk “menjelaskan” hal tersebut, kaum Bumi datar menciptakan alasan bahwa itu adalah distorsi dari bentuk jendela pesawat.

Faktanya, semua lensa kamera juga melengkung, tapi sebagian besar menghasilkan gambar yang normal / rektilinear. Hanya karena jendela pesawat melengkung bukan berarti melihat melalui jendela pesawat akan menghasilkan horizon yang melengkung.

Lanjutkan membaca “Jendela Pesawat Yang Melengkung dan Pengamatan Lengkungan Bumi”

Kerangka Acuan

Kerangka acuan adalah sebuah sistem koordinat dan titik acuan sistem koordinat tersebut diletakkan. Kecepatan atau laju adalah relatif terhadap sebuah kerangka acuan. Dua buah kecepatan bisa saja relatif terhadap dua buah kerangka acuan yang berbeda, dan tak dapat dibandingkan secara langsung.

Kaum Bumi datar sering membandingkan dua buah besaran kecepatan seperti pesawat yang bergerak dengan kecepatan 900 km/jam dan permukaan Bumi dekat khatulistiwa yang bergerak 1674 km/jam. Mereka akan menyimpulkan pesawat seharusnya tak dapat mengejar permukaan Bumi dan tak akan dapat mendarat jika Bumi berotasi. Mereka salah. Kedua kecepatan tersebut relatif terhadap kerangka acuan yang berbeda, dan tak dapat dibandingkan langsung.

Lanjutkan membaca “Kerangka Acuan”

Bertanya ke Pilot

Pilot maskapai penerbangan mendapatkan pendidikan bahwa Bumi itu bulat dalam sekolah penerbangan, dan pekerjaan mereka tergantung pada pengetahuan tersebut. Mereka memiliki banyak kesempatan untuk mengamati lengkungan Bumi, baik secara visual atau melalui instrumen terbang. Pilot-pilot juga menyadari bahwa saat ini banyak yang percaya hoax Bumi datar, dan sebagian dari mereka juga aktif meluruskan hoax-hoax Bumi datar di waktu luang.

Beberapa kaum Bumi datar bertanya ke pilot apakah Bumi itu datar, dan tanpa sopan santun merekamnya. Lalu mereka akan memamerkan hasilnya di Internet jika mereka berhasil merekam pilot “mengakui” Bumi datar. Faktanya, pilot-pilot tersebut adalah profesional yang sedang bekerja, dan mereka menyadari perilaku kaum Bumi datar yang tak dapat diprediksi. Para pilot ini hanya bertindak agar mereka dapat pergi secepat mungkin tanpa huru hara.

Lanjutkan membaca “Bertanya ke Pilot”

Alasan Angin & Jetstream Dari Kaum Bumi Datar

Data durasi penerbangan dapat mewakili jarak antar kota, dan hanya konsisten jika Bumi bulat. Kaum Bumi datar menciptakan “penjelasan” bahwa ketidakcocokan durasi penerbangan pada model Bumi datar seakan-akan disebabkan oleh angin dan jet stream.

Faktanya, kecepatan angin yang diperlukan pada asumsi tersebut jauh lebih besar daripada kecepatan tertinggi dari jet stream. Selain itu pada asumsi tersebut, angin tidak memberi pengaruh yang sama untuk rute-rute yang mirip pada model Bumi datar. Dan tentu saja, masalah perbedaan angin pada rute penerbangan dapat dengan mudah diperhitungkan dengan merata-ratakan durasi penerbangan pada kedua arahnya.

Lanjutkan membaca “Alasan Angin & Jetstream Dari Kaum Bumi Datar”

Rute Penerbangan Singapura–New York dan Melbourne–Santiago

Featured Video Play Icon

Pada tahun 2020, rute penerbangan Singapura–New York merupakan rute penerbangan terjauh. Sedangkan Melbourne–Santiago adalah rute penerbangan yang paling selatan. Lama perjalanan kedua rute tersebut hanya dapat dijelaskan jika Bumi bulat.

Jika Bumi datar, maka rute Melbourne–Santiago seharusnya berdurasi lebih lama daripada rute Singapura–New York. Durasi  terbang dari rute-rute tersebut membuktikan Bumi tidak mungkin datar.

Lanjutkan membaca “Rute Penerbangan Singapura–New York dan Melbourne–Santiago”

Rute Penerbangan Sydney-Santiago

Featured Video Play Icon

Rute penerbangan Sydney-Santiago adalah salah satu rute penerbangan paling selatan. Rute seperti ini mustahil apabila Bumi datar, dan hanya mungkin terjadi jika Bumi bulat. Dan tak sulit untuk melakukan verifikasi di Internet mengenai keberadaan rute tersebut.

Jika Bumi datar, rute ini seharusnya melintasi Amerika Serikat. Namun durasi rute Sydney-Santiago dengan transit di Amerika Serikat jauh lebih lama daripada rute non-stopnya. Hal ini terjadi karena Bumi itu bulat, dan penerbangan non-stop Sydney-Santiago faktanya melintasi lautan Pasifik Selatan, dan sama sekali tidak melintasi Amerika Serikat. Lanjutkan membaca “Rute Penerbangan Sydney-Santiago”

Pesawat Melakukan Koreksi Terhadap Efek Coriolis

Pesawat perlu mengkoreksi efek Coriolis. Pesawat terus menerus melakukan penyesuaian terhadap gaya-gaya yang mempengaruhi pesawat menjauhi rutenya, termasuk efek Coriolis.

Kaum Bumi datar mengklaim efek Coriolis tak terlihat mempengaruhi pesawat, lalu mereka gunakan sebagai “bukti” Bumi diam. Faktanya efek Coriolis mempengaruhi pesawat dan pesawat melakukan penyesuaian terhadap efek tersebut, namun efek tersebut sangat kecil.

Lanjutkan membaca “Pesawat Melakukan Koreksi Terhadap Efek Coriolis”

Rute Penerbangan Sydney–Johannesburg

Featured Video Play Icon

Adanya rute penerbangan Sydney-Johannesburg hanya dapat terjadi jika Bumi bulat. Kita dapat mengetahui hal tersebut dengan membandingkan durasinya dengan rute sama yang melakukan transit.

Ada rute penerbangan Sydney-Johannesburg lain yang melakukan transit, seperti di Dubai. Kaum Bumi datar menggunakan hal tersebut sebagai “bukti” Bumi datar. Faktanya, bukan berarti rute langsungnya tidak ada, dan tak sulit untuk melakukan verifikasi bahwa rute langsungnya memang ada.

Lanjutkan membaca “Rute Penerbangan Sydney–Johannesburg”