Melintasi Antarktika: Pesawat Penumpang Komersil vs Pesawat Pribadi

Pesawat penumpang komersil mirip dengan transportasi publik seperti bus atau kereta. Operator yang menentukan rutenya, dan penumpang menggunakannya jika sesuai dengan yang dibutuhkan. Sebaliknya, pesawat pribadi mirip dengan taksi atau ojol. Penumpang yang menentukan rutenya.

Saat ini tak ada maskapai penerbangan dengan rute melintasi Antarktika dan kaum Bumi datar menggunakan hal tersebut sebagai “bukti” mustahil untuk terbang melintasi Antarktika. Faktanya, maskapai penerbangan memilih untuk tidak memberikan layanan tersebut karena alasan komersil atau lainnya. Bukan karena mustahil untuk terbang melintasi Antarktika. Kita dapat menggunakan pesawat pribadi jika kita memang ingin terbang melintasi Antarktika, seperti kita menggunakan taksi atau ojol untuk pergi ke lokasi yang tidak dilayani bus atau kereta.

Indikator Horizon Pesawat Terbang

Featured Video Play Icon

Indikator horizon adalah instrumen pesawat terbang yang memberi informasi orientasi pesawat relatif terhadap horizon. Indikator horizon menggunakan giroskop untuk mendeteksi perubahan orientasi, dan pendulous vane untuk terus menerus memperbaiki orientasi

Kaum Bumi datar mengklaim jika indikator horizon menggunakan giroskop, harusnya akan bergeser jika pesawat bergerak mengikuti lengkungan Bumi. Faktanya pada indikator horizon terdapat mekanisme untuk terus menerus memperbaiki orientasi jika giroskop bergeser karena hal apa pun, termasuk akibat gerak pesawat mengikuti lengkungan Bumi.

Lanjutkan membaca “Indikator Horizon Pesawat Terbang”

Helikopter dan Gerak Rotasi Bumi

Karena fenomena inersia / kelembaman, kita tak dapat pergi ke lokasi lain dengan cara melayang di dalam helikopter, dan menunggu Bumi berotasi di bawah kita sampai kita tiba di tujuan.

Kaum Bumi datar mengklaim bahwa kita tak dapat melakukan hal tersebut adalah bukti Bumi tidak bergerak. Faktanya, helikopter sebenarnya sudah bergerak dengan kecepatan yang sama dengan permukaan Bumi, saat masih berada di permukaan Bumi.

Lanjutkan membaca “Helikopter dan Gerak Rotasi Bumi”

Jendela Pesawat Yang Melengkung dan Pengamatan Lengkungan Bumi

Dengan pengamatan yang teliti, kita dapat melihat lengkungan Bumi dari pesawat. Untuk “menjelaskan” hal tersebut, kaum Bumi datar menciptakan alasan bahwa itu adalah distorsi dari bentuk jendela pesawat.

Faktanya, semua lensa kamera juga melengkung, tapi sebagian besar menghasilkan gambar yang normal / rektilinear. Hanya karena jendela pesawat melengkung bukan berarti melihat melalui jendela pesawat akan menghasilkan horizon yang melengkung.

Lanjutkan membaca “Jendela Pesawat Yang Melengkung dan Pengamatan Lengkungan Bumi”

Kerangka Acuan

Kerangka acuan adalah sebuah sistem koordinat dan titik acuan sistem koordinat tersebut diletakkan. Kecepatan atau laju adalah relatif terhadap sebuah kerangka acuan. Dua buah kecepatan bisa saja relatif terhadap dua buah kerangka acuan yang berbeda, dan tak dapat dibandingkan secara langsung.

Kaum Bumi datar sering membandingkan dua buah besaran kecepatan seperti pesawat yang bergerak dengan kecepatan 900 km/jam dan permukaan Bumi dekat khatulistiwa yang bergerak 1674 km/jam. Mereka akan menyimpulkan pesawat seharusnya tak dapat mengejar permukaan Bumi dan tak akan dapat mendarat jika Bumi berotasi. Mereka salah. Kedua kecepatan tersebut relatif terhadap kerangka acuan yang berbeda, dan tak dapat dibandingkan langsung.

Lanjutkan membaca “Kerangka Acuan”

Bertanya ke Pilot

Pilot maskapai penerbangan mendapatkan pendidikan bahwa Bumi itu bulat dalam sekolah penerbangan, dan pekerjaan mereka tergantung pada pengetahuan tersebut. Mereka memiliki banyak kesempatan untuk mengamati lengkungan Bumi, baik secara visual atau melalui instrumen terbang. Pilot-pilot juga menyadari bahwa saat ini banyak yang percaya hoax Bumi datar, dan sebagian dari mereka juga aktif meluruskan hoax-hoax Bumi datar di waktu luang.

Beberapa kaum Bumi datar bertanya ke pilot apakah Bumi itu datar, dan tanpa sopan santun merekamnya. Lalu mereka akan memamerkan hasilnya di Internet jika mereka berhasil merekam pilot “mengakui” Bumi datar. Faktanya, pilot-pilot tersebut adalah profesional yang sedang bekerja, dan mereka menyadari perilaku kaum Bumi datar yang tak dapat diprediksi. Para pilot ini hanya bertindak agar mereka dapat pergi secepat mungkin tanpa huru hara.

Lanjutkan membaca “Bertanya ke Pilot”

Alasan Angin & Jetstream Dari Kaum Bumi Datar

Data durasi penerbangan dapat mewakili jarak antar kota, dan hanya konsisten jika Bumi bulat. Kaum Bumi datar menciptakan “penjelasan” bahwa ketidakcocokan durasi penerbangan pada model Bumi datar seakan-akan disebabkan oleh angin dan jet stream.

Faktanya, kecepatan angin yang diperlukan pada asumsi tersebut jauh lebih besar daripada kecepatan tertinggi dari jet stream. Selain itu pada asumsi tersebut, angin tidak memberi pengaruh yang sama untuk rute-rute yang mirip pada model Bumi datar. Dan tentu saja, masalah perbedaan angin pada rute penerbangan dapat dengan mudah diperhitungkan dengan merata-ratakan durasi penerbangan pada kedua arahnya.

Lanjutkan membaca “Alasan Angin & Jetstream Dari Kaum Bumi Datar”

Rute Penerbangan Singapura–New York dan Melbourne–Santiago

Featured Video Play Icon

Pada tahun 2020, rute penerbangan Singapura–New York merupakan rute penerbangan terjauh. Sedangkan Melbourne–Santiago adalah rute penerbangan yang paling selatan. Lama perjalanan kedua rute tersebut hanya dapat dijelaskan jika Bumi bulat.

Jika Bumi datar, maka rute Melbourne–Santiago seharusnya berdurasi lebih lama daripada rute Singapura–New York. Durasi  terbang dari rute-rute tersebut membuktikan Bumi tidak mungkin datar.

Lanjutkan membaca “Rute Penerbangan Singapura–New York dan Melbourne–Santiago”

Rute Penerbangan Sydney-Santiago

Featured Video Play Icon

Rute penerbangan Sydney-Santiago adalah salah satu rute penerbangan paling selatan. Rute seperti ini mustahil apabila Bumi datar, dan hanya mungkin terjadi jika Bumi bulat. Dan tak sulit untuk melakukan verifikasi di Internet mengenai keberadaan rute tersebut.

Jika Bumi datar, rute ini seharusnya melintasi Amerika Serikat. Namun durasi rute Sydney-Santiago dengan transit di Amerika Serikat jauh lebih lama daripada rute non-stopnya. Hal ini terjadi karena Bumi itu bulat, dan penerbangan non-stop Sydney-Santiago faktanya melintasi lautan Pasifik Selatan, dan sama sekali tidak melintasi Amerika Serikat. Lanjutkan membaca “Rute Penerbangan Sydney-Santiago”

Pesawat Melakukan Koreksi Terhadap Efek Coriolis

Pesawat perlu mengkoreksi efek Coriolis. Pesawat terus menerus melakukan penyesuaian terhadap gaya-gaya yang mempengaruhi pesawat menjauhi rutenya, termasuk efek Coriolis.

Kaum Bumi datar mengklaim efek Coriolis tak terlihat mempengaruhi pesawat, lalu mereka gunakan sebagai “bukti” Bumi diam. Faktanya efek Coriolis mempengaruhi pesawat dan pesawat melakukan penyesuaian terhadap efek tersebut, namun efek tersebut sangat kecil.

Lanjutkan membaca “Pesawat Melakukan Koreksi Terhadap Efek Coriolis”

Rute Penerbangan Sydney–Johannesburg

Featured Video Play Icon

Adanya rute penerbangan Sydney-Johannesburg hanya dapat terjadi jika Bumi bulat. Kita dapat mengetahui hal tersebut dengan membandingkan durasinya dengan rute sama yang melakukan transit.

Ada rute penerbangan Sydney-Johannesburg lain yang melakukan transit, seperti di Dubai. Kaum Bumi datar menggunakan hal tersebut sebagai “bukti” Bumi datar. Faktanya, bukan berarti rute langsungnya tidak ada, dan tak sulit untuk melakukan verifikasi bahwa rute langsungnya memang ada.

Lanjutkan membaca “Rute Penerbangan Sydney–Johannesburg”

Sirkumnavigasi Kutub: Perjalanan Mengelilingi Bumi yang Melewati Kedua Kutub

Featured Video Play Icon

Sirkumnavigasi kutub adalah mengelilingi Bumi dengan rute yang melintasi Kutub Utara dan Kutub Selatan. Beberapa pihak telah berhasil melakukannya, dan hal tersebut hanya dapat terjadi jika Bumi bulat.

Kaum Bumi datar mengklaim belum pernah sirkumnavigasi Bumi dilakukan melintasi kedua kutub, lalu mereka gunakan sebagai “bukti” Bumi datar. Faktanya, beberapa telah berhasil melakukannya.

Lanjutkan membaca “Sirkumnavigasi Kutub: Perjalanan Mengelilingi Bumi yang Melewati Kedua Kutub”

Rute Penerbangan Saat Pandemi COVID-19

Featured Video Play Icon

Selama pandemi COVID-19, ada banyak rute penerbangan yang dibatalkan, ditunda, atau dikurangi karena pembatasan dan larangan perjalanan, lockdown, atau kurangnya permintaan, termasuk rute-rute yang mustahil terjadi seandainya Bumi datar.

Kaum Bumi datar mencari rute-rute tersebut, dan saat tak dapat menemukannya, mereka gunakan sebagai “bukti” Bumi datar. Faktanya, mereka melakukan pencarian tersebut saat pandemi COVID-19, dimana ada banyak rute yang tidak tersedia.

Pesawat Terbang dan Gerak Rotasi Bumi

Pesawat terbang berada di Bumi dan memiliki gerak yang sama dengan permukaan Bumi, termasuk gerak rotasi Bumi. Yang kita sebut sebagai gerak atau kecepatan dari pesawat itu sendiri adalah gerak  atau kecepatan pesawat yang dinilai relatif terhadap permukaan Bumi.

Kaum Bumi datar mengklaim pesawat terbang seharusnya tidak akan dapat terbang mengarah ke Timur dan tidak akan dapat mendarat karena Bumi berotasi. Faktanya, gerak pesawat adalah relatif terhadap Bumi. Pesawat telah memiliki komponen kecepatan Bumi dan tidak perlu mengejar gerak rotasi Bumi.

Lanjutkan membaca “Pesawat Terbang dan Gerak Rotasi Bumi”

Pilot Mendapatkan Pendidikan Bahwa Bumi Itu Bulat

Pilot mendapatkan pendidikan agar dapat bekerja dengan memperhitungkan bentuk Bumi yang bulat. Hal tersebut adalah bagian dari pendidikan penerbangan karena profesi pilot tergantung pada pengetahuan bahwa Bumi itu bulat.

Kaum Bumi datar mengklaim pilot diajari berdasarkan Bumi datar. Kita dapat dengan mudah membuktikan hal tersebut salah dari buku-buku yang digunakan pada pendidikan pilot.

Lanjutkan membaca “Pilot Mendapatkan Pendidikan Bahwa Bumi Itu Bulat”

Dinamika Terbang: Penyederhanaan dengan Asumsi Bumi Datar dan Tak Berotasi

Saat membuat model matematis, hal-hal mendetail yang sangat kecil pengaruhnya dapat diabaikan untuk menyederhanakan perhitungan. Dalam banyak kasus dinamika terbang, sah-sah saja menggunakan asumsi Bumi datar dan tak berotasi, walaupun pesawatnya akan terbang pada Bumi bulat dan berotasi.

Kaum Bumi datar mengklaim telah menguak ‘dokumen rahasia’ NASA yang mengatakan Bumi datar & tak berotasi. Mereka salah. Faktanya dokumen tersebut hanyalah penurunan masalah dinamika terbang dengan asumsi Bumi datar & tak berotasi, yang merupakan asumsi umum pada pemodelan pesawat. Bukan berarti Bumi itu datar dan tidak berotasi.

Lanjutkan membaca “Dinamika Terbang: Penyederhanaan dengan Asumsi Bumi Datar dan Tak Berotasi”

Efek Eötvös: Bukti Langsung Bumi Bulat dan Berotasi

Featured Video Play Icon

Efek Eötvös adalah perubahan percepatan gravitasi Bumi efektif yang dirasakan akibat gerakan pengamat menuju Barat atau Timur. Jika kita bergerak menuju Timur, maka kita akan merasa gaya tarik Bumi sedikit lebih kecil daripada jika kita bergerak ke arah Barat (atau diam di tempat).

Perbedaan berat benda akibat efek Eötvös dapat diukur dengan eksperimen sederhana di pesawat. Efek Eötvös merupakan salah satu bukti langsung bahwa Bumi bulat dan berotasi.

Lanjutkan membaca “Efek Eötvös: Bukti Langsung Bumi Bulat dan Berotasi”

Kecepatan Penerbangan Penumpang Jarak Jauh

Data durasi penerbangan penumpang jarak jauh berguna untuk mewakili jarak antar kota. Hal ini mudah membuktikan Bumi tidak datar. Kaum Bumi datar menciptakan “penjelasan” bahwa pesawat yang berbeda memiliki kecepatan yang berbeda untuk membantah data-data tersebut. Faktanya, semua pesawat penumpang komersil jarak jauh memiliki kecepatan yang mirip.

Lanjutkan membaca “Kecepatan Penerbangan Penumpang Jarak Jauh”

Pesawat Terbang Tak Akan Dapat Pergi Ke Luar Angkasa

Pesawat dapat terbang akibat gaya angkat pada sayapnya. Besar gaya angkat tergantung dari kecepatan pesawat dan kerapatan udara. Akibatnya, pada ketinggian jelajah, pesawat akan bergerak mengikuti lengkungan Bumi secara otomatis.

Kaum Bumi datar mengklaim pesawat perlu terus menukik ke bawah supaya tidak terbang ke luar angkasa. Faktanya, pesawat otomatis terbang mengikuti lengkungan Bumi, dan tidak akan pernah dapat ke luar angkasa, walaupun pilot dengan sengaja berusaha untuk melakukannya.

Lanjutkan membaca “Pesawat Terbang Tak Akan Dapat Pergi Ke Luar Angkasa”

Waterpas Pada Penerbangan

Saat dalam ketinggian jelajah, pesawat praktis terbang level, atau dengan kata lain, terbang tegak lurus dari arah gravitasi. Pesawat tersebut terbang mengikuti lengkungan Bumi dan dengan demikian akan terus menerus mengubah orientasinya. Namun bukan hanya orientasinya yang berubah, arah gravitasi pun juga akan berubah dengan perubahan yang sama. Akibatnya waterpas di dalam penerbangan tidak akan menunjukkan perubahan orientasi pesawat akibat gerak pesawat mengikuti lengkungan Bumi.

Lanjutkan membaca “Waterpas Pada Penerbangan”