Lensa Fisheye dan Distorsi Lensa

Featured Video Play Icon

Lensa fotografi tertentu dapat memiliki karakteristik dan besar distorsi yang berbeda dari lensa lainnya. Walaupun terdapat perbedaan, garis lurus akan selalu terlihat lurus apabila garis tersebut melintasi titik tengah dari foto.

Kaum Bumi datar menolak foto yang diambil lensa fisheye. Faktanya, kita tahu persis sifat lensa tersebut & bisa menggunakan pengetahuan tersebut untuk mengetahui apakah garis di foto lurus, walaupun diambil dengan lensa fisheye.

Lanjutkan membaca “Lensa Fisheye dan Distorsi Lensa”

Lensa Ultra Wide-Angle

Lensa ultra-wide menghasilkan foto dengan sudut pandang yang sangat lebar. Lensa dengan panjang fokal lebih kecil daripada 24 mm (untuk kamera full-frame) disebut sebagai lensa ultra-wide. Lensa ultra-wide terdiri dari dua jenis: lensa rektilinear, dan lensa kurvilinear, atau fisheye.

Karena sudut pandangnya yang sangat lebar, lengkungan Bumi lebih mudah diamati dengan lensa ultra-wide. Kaum Bumi datar keliru mengira yang dimaksud adalah lensa fisheye yang mendistorsi garis lurus. Faktanya, terdapat lensa ultra-wide rektilinear yang mempertahankan garis lurus. Dengan lensa ini, jika horizon melengkung, maka itu adalah akibat dari lengkungan Bumi.

Lanjutkan membaca “Lensa Ultra Wide-Angle”

‘Defish’ Citra Fisheye Secara Berlebihan untuk Meluruskan Garis Horizon

Defishing adalah proses menghilangkan distorsi barrel pada citra fisheye, menghasilkan citra rektilinear yang mempertahankan garis lurus. Lensa fisheye berbeda memiliki kekuatan distorsi berbeda & membutuhkan kekuatan defish berbeda.

Kaum Bumi datar gemar menerapkan kekuatan defish berlebihan dengan tujuan bukan menghilangkan distorsi, tapi demi meluruskan lengkungan Bumi. Akibatnya, mereka tak hanya menghilangkan distorsi barrel, tapi justru membuat distorsi pincushion pada citra, yang membuat horizon menjadi lurus.

Garis horizon pada gambar yang disajikan kaum Bumi datar ini akan terlihat datar. Tetapi hal tersebut adalah akibat dari distorsi yang ditambahkan kepada citra, bukan karena garis horizonnya datar.

Lanjutkan membaca “‘Defish’ Citra Fisheye Secara Berlebihan untuk Meluruskan Garis Horizon”

Besar Lengkungan Bumi yang Terlihat Pada Foto

Besar lengkungan horizon yang terlihat dalam sebuah foto tergantung pada:

  1. Ketinggian pengamat.
  2. Field of view dari kamera yang digunakan.
  3. Distorsi dari lensa kamera yang digunakan.

Kaum Bumi datar gemar menolak foto lengkungan Bumi dengan membandingkannya dengan foto lain yang menampilkan lengkungan berbeda. Faktanya, untuk membandingkannya, kita perlu memastikan semua foto diambil dari ketinggian sama, sudut pandang sama, & memperhitungkan distorsi lensa.

Lanjutkan membaca “Besar Lengkungan Bumi yang Terlihat Pada Foto”

Modus Operandi Oknum Bumi Datar Mendapatkan “Foto Bumi Datar” Untuk Mengelabui Kita

Jika Bumi itu bulat, lalu bagaimana kaum Bumi datar bisa memiliki “foto Bumi datar” yang diambil dari balon stratosfer? Berikut adalah modus operandi oknum Bumi datar untuk mendapatkan “foto Bumi datar” tersebut dengan tujuan akhir untuk mengelabui kita.

Lanjutkan membaca “Modus Operandi Oknum Bumi Datar Mendapatkan “Foto Bumi Datar” Untuk Mengelabui Kita”

Mengapa Lensa Fisheye Digunakan

Kamera dengan lensa fisheye digunakan di ISS, balon stratosfer, peluncuran roket, dan banyak keperluan lain. Penyebabnya adalah lensa fisheye memiliki beberapa kelebihan daripada lensa lain.

Kaum Bumi datar mengklaim terdapat niat jahat di balik pemakaian lensa fisheye. Faktanya, penggunaan lensa fisheye adalah hal yang wajar. Jika diinginkan hasilnya berupa citra rektilinear, tidak sulit untuk mengkonversi citra fisheye menjadi rektilinear.

Lanjutkan membaca “Mengapa Lensa Fisheye Digunakan”

Felix Baumgartner dan Red Bull Stratos

Red Bull Stratos adalah percobaan terjun payung dari ketinggian tinggi oleh penerjun Felix Baumgartner. Tahun 2012, Felix Baumgartner naik ke ketinggian 39 km dengan balon helium, lalu terjun dengan baju astronot dan mendarat dengan parasut. Kaum Bumi datar menciptakan berbagai alasan demi menolak fakta-fakta dari peristiwa tersebut.

Lanjutkan membaca “Felix Baumgartner dan Red Bull Stratos”

Video Fisheye

Featured Video Play Icon

Pada gambar yang diambil dengan lensa fisheye, garis lurus akan tetap lurus jika garisnya melintasi titik tengah gambar. Kita dapat gunakan sifat tersebut untuk menentukan apakah sebuah garis benar-benar lurus di dunia nyata.

Pada video yang diambil dengan lensa fisheye dari ketinggian, seharusnya ada banyak momen saat horizon melintasi titik tengah gambar, dan kita dapat gunakan momen-momen tersebut untuk membuktikan lengkungan Bumi.

Lanjutkan membaca “Video Fisheye”

Foto-Foto Bumi dari Astronot Hazza Al-Mansouri

Featured Video Play Icon

Astronot Uni Emirat Arab, Hazza Al Mansouri mengambil foto-foto permukaan Bumi seperti Sungai Nil dan Teluk Persia saat beliau berada di ISS. Kaum Bumi datar mengklaim foto tersebut palsu karena objeknya seperti Teluk Persia terlihat sangat besar relatif terhadap ukuran Bumi. Hal tersebut hanya karena mereka tak memahami bahwa ISS berada hanya 400 km di atas permukaan Bumi, dan hanya sedikit bagian Bumi yang terlihat dari ISS.

Lanjutkan membaca “Foto-Foto Bumi dari Astronot Hazza Al-Mansouri”

Protes Angkasa dari ASAN yang Digunakan Kaum Bumi Datar untuk Menghasut

Tahun 2017, grup yang bernama ASAN memprotes Donald Trump dengan cara mengirimkan balon ke lapisan stratosfer membawa kamera dan pesan dengan kata-kata keras, yang dikutip dari ucapan Edgar Mitchell, astronot dari misi Apollo 14.

Oknum Bumi datar menyajikan hal tersebut seakan-akan ASAN berniat menunjukkan lengkungan Bumi untuk mengejek mereka. Dan lalu ASAN “lupa” menutupi fakta kameranya memiliki lensa fisheye. Namun faktanya, ASAN tidak pernah berniat membuat video tersebut untuk membuktikan Bumi bulat atau mengejek kaum Bumi datar.

Lanjutkan membaca “Protes Angkasa dari ASAN yang Digunakan Kaum Bumi Datar untuk Menghasut”

Permainan Mencocokkan Lengkungan

Besar lengkungan yang terlihat dalam foto dari sebuah objek benda bulat tergantung dari 1. Jari-jari objek, 2. Jarak kamera ke objek, 3. Field of view dari kamera, dan 4. Sifat distorsi dari kamera yang digunakan.

Mencocokkan lengkungan adalah permainan favorit dari kaum Bumi datar. Mereka akan mencocokkan sebuah foto lengkungan Bumi dengan foto yang lain. Jika hasilnya tidak proporsional, mereka akan jadikan bahan untuk mencemooh dan mengolok-olok. Mereka salah. Dua foto berbeda dari sebuah benda bulat yang sama bisa diambil dengan cara yang berbeda, dan bisa dengan mudah memperlihatkan lengkungan yang berbeda.

Lanjutkan membaca “Permainan Mencocokkan Lengkungan”

Lensa Fisheye Dapat Saja Membuat Garis Melengkung Menjadi Terlihat Lurus

Gambar yang diambil dengan lensa fisheye memiliki distorsi barrel. Pada lensa fisheye, garis lurus dapat terlihat melengkung. Namun banyak penganut Bumi datar yang tak menyadari bahwa sebaliknya pun sama, lensa fisheye dapat membuat garis melengkung menjadi terlihat lurus.

Lanjutkan membaca “Lensa Fisheye Dapat Saja Membuat Garis Melengkung Menjadi Terlihat Lurus”

Kelengkungan Horizon Pada Video Balon Stratosfer

Video balon stratosfer sering dijadikan ‘barang bukti’ oleh penganut Bumi datar untuk memperlihatkan bahwa ‘Bumi tidak memiliki lengkungan’.

Ironisnya, penulis telah melakukan analisis sederhana pada lebih dari dua lusin video balon stratosfer di YouTube, dan kesimpulannya adalah:  secara objektif ada lengkungan, dan sama sekali tidak sulit untuk mengamatinya, termasuk pada video ‘bukti’ yang disodorkan flatearther.

Lanjutkan membaca “Kelengkungan Horizon Pada Video Balon Stratosfer”

Foto dari Balon Udara Little Piggy Membuktikan Bumi Bulat

Little Piggy adalah nama balon udara buatan IndianaCaver. Little Piggy mencapai ketinggian hampir 37 km, sebelum akhirnya meledak dan jatuh ke Bumi. Sebelum jatuh, Little Piggy merekam video yang diupload IndianaCaver ke channel YouTube-nya. Dari beberapa video ini, para penganut Bumi datar mencomot beberapa gambar dan menyimpulkan bahwa Bumi datar. Gambar ini kemudian menjadi viral, bahkan sampai saat ini.

Betulkah?

Lanjutkan membaca “Foto dari Balon Udara Little Piggy Membuktikan Bumi Bulat”