French Guiana: Lokasi Peluncuran Satelit Telkom 3S dan BRIsat

Ada sebuah video yang viral menyebutkan bahwa satelit BRIsat diluncurkan dari Amerika Selatan, dan satelit Telkom 3S diluncurkan dari Perancis. Masalahnya adalah banyak kemiripan pada video peluncuran kedua satelit tersebut. Video tersebut kemudian menyimpulkan bahwa ‘pasti ada ada apa-apanya’.

Sebenarnya satelit BRIsat dan Telkom3S diluncurkan dari tempat yang sama persis, yaitu dari Guiana Space Center di French Guiana. Tidak salah apabila dikatakan diluncurkan dari Amerika Selatan, karena French Guiana memang berada di Amerika Selatan. Dan tidak salah pula apabila dikatakan diluncurkan dari Perancis, karena French Guiana memang bagian dari negara Perancis.

Daerah Perancis yang lebih dikenal adalah yang berada di Eropa. Namun bukan hanya itu teritori dari Perancis. Perancis memiliki beberapa daerah lain, salah satunya adalah French Guiana. Karena adalah bagian dari Perancis, French Guiana juga merupakan bagian dari Uni Eropa.

Banyak peluncuran roket dari negara Eropa dilakukan di French Guiana, alasannya adalah karena French Guiana dekat dengan khatulistiwa, dan dengan demikian akan menghemat banyak biaya untuk mengirim muatan ke orbit geostasioner.

Sebenarnya informasi tersebut disebutkan jelas pada caption dari TVOne di video tersebut, hanya saja terpotong akibat editing video. Bukan tidak mungkin pembuat video sebenarnya mengetahui fakta ini. Video tersebut dibuat kemungkinan untuk tujuan trolling, memanfaatkan emosi yang berlebihan dan kurangnya wawasan dari sebagian besar penganut paham Bumi datar.

Bisa saja pada saat ini sang pembuat video sedang tertawa terbahak-bahak menyaksikan keberhasilannya mengerjai banyak penganut Bumi datar.