Bukti Bumi Bulat: Midnight Sun di Kutub Utara dan Selatan

Midnight Sun adalah fenomena matahari yang bersinar saat tengah malam. Saat terjadi midnight sun, matahari tidak terbenam. Midnight sun terjadi di kedua kutub Bumi pada sekitar puncak musim panas, yaitu tanggal 21 Juni di kutub utara, dan 22 Desember di kutub selatan.

Midnight sun di kutub utara dan kutub selatan memiliki arah yang berbeda. Di kutub utara, matahari bergerak dari kiri ke kanan. Sedangkan di kutub selatan, matahari bergerak dari kanan ke kiri. Dengan demikian tak sulit untuk membayangkan bahwa Bumi berbentuk bulat dan berputar di porosnya.

Model Bumi datar dapat menjelaskan midnight sun yang terjadi di utara, namun sama sekali tidak dapat menjelaskan fenomena yang sama di kutub selatan.

Memastikan di Antartika Memang Ada Midnight Sun

Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa penganut Bumi datar akan mengatakan bahwa tak ada midnight sun di kutub selatan, dan mereka akan mati-matian membela pendapatnya sampai titik darah penghabisan. Alasannya adalah apabila midnight sun terjadi di selatan, maka game over bagi mereka: tidak mungkin Bumi berbentuk datar.

Tentunya sains tidak bekerja seperti yang dilakukan penganut bumi datar. Kita lakukan observasi ada atau tidak ada midnight sun di kedua kutub, lalu kemudian baru disimpulkan Bumi berbentuk bulat atau datar. Sedangkan penganut Bumi datar menganggap Bumi datar sebagai suatu kepercayaan yang sifatnya absolut. Mereka akan memilih hasil observasi yang mendukung teori mereka, dan menolak hasil observasi yang bertentangan.

Midnight sun di kutub selatan merupakan informasi yang verifiable dan falsifiable. Siapa saja bisa datang sendiri ke sana dan melakukan observasi sendiri kalau mau. Dan dari sekian banyak orang yang pernah mengunjungi kutub selatan, selama ini tidak ada yang menyangah fakta tersebut.

Jika kita tidak mampu untuk ke Antartika untuk melakukan observasi sendiri, bagaimana kita tahu bahwa di Antartika ada midnight sun?

Kamu bisa cek testimonial orang-orang yang sudah pernah mengunjungi Antartika. Ini dapat dengan mudah didapatkan di Internet. Waspadalah terhadap oknum-oknum yang akan mati-matian menyerang orang-orang tak berdosa ini, yang mungkin ke Antartika hanya untuk berlibur.

Kamu juga bisa cek Google Books, dan mencari dengan keyword “midnight sun antarctica”. Saat tulisan ini dibuat, saat ini ada hampir 5000 buku yang relevan. Tidak mungkin semua pengarang buku tersebut punya niat aneh-aneh bukan?

Sebuah Tantangan

Anthony Powell, salah satu orang yang membuat video midnight sun di Antartika bahkan menawarkan liburan gratis ke Antartika untuk siapapun yang dapat membuktikan tidak ada midnight sun di Antartika.