Satelit-Satelit Galileo: Bukti Benda Mengorbit Benda Lain

Jupiter memiliki empat satelit yang dapat dilihat dengan mudah: Io, Europa, Ganymede dan Callisto. Keempat objek ini dinamakan Satelit Galileo, dan merupakan objek-objek pertama yang diketahui mengorbit planet.

Kaum Bumi datar selalu menuntut demonstrasi bahwa sebuah objek bisa mengorbit objek yang lain. Yang perlu mereka lakukan hanyalah menggunakan teleskop untuk mengamati Jupiter dan keempat satelitnya.

Keempat satelit tersebut pertama kali diamati oleh Galileo Galilei pada tahun 1610, karena itu dinamakan ‘Galilean moons’, atau satelit-satelit Galileo. Satelit-satelit Galileo adalah bukti pertama bahwa bisa saja ada benda yang mengorbit benda lain selain Bumi, dan dengan demikian salah satu bukti awal dari heliosentrisme, yaitu bahwa Matahari adalah pusat tata surya.

Jupiter sendiri dapat dilihat dengan mata telanjang. Satelit-satelitnya sebenarnya memiliki magnituda 4.6-5.6 dan seharusnya bisa terlihat. Namun karena terlalu dekat dengan Jupiter yang bermagnituda -2.9, maka sulit untuk mengamati keempat satelit. Jika kondisinya memadai, beberapa satelit mungkin bisa terlihat dengan menutupi Jupiter, misalnya dengan kelingking. Jika ada alat bantu seperti binokular atau teleskop, maka keempat satelit dapat dengan lebih mudah diamati.

Keempat satelit memiliki periode orbit yang relatif cepat. antara 1.8 hari (Io) sampai dengan 16.7 hari (Callisto). Jadi dengan melakukan pengamatan pada dua hari yang berbeda saja, sudah dapat diketahui bahwa satelit berpindah posisi.

Jupiter dan keempat satelit besarnya adalah bukti yang dapat diamati secara langsung bahwa ada objek yang mengorbit objek lain seperti yang dituntut oleh oknum-oknum pencetus Bumi datar. Untuk melakukannya tak memerlukan perlengkapan mahal, tak perlu dilakukan dalam jangka waktu yang lama, dan tak membutuhkan pengetahuan yang mendalam.

Referensi