Galat Pengukuran

Galat pengukuran (atau error pengukuran) adalah selisih antara besaran yang terukur dan nilai yang sebenarnya. Galat pengukuran bukanlah sebuah kesalahan. Variabilitas merupakan bagian yang tak dapat dihilangkan dari sebuah proses pengukuran.

Kaum Bumi datar gemar menunjukkan rentang dari sebuah nilai, galat dari hasil pengukuran, hasil berbeda dari pengukuran yang berbeda, serta membesar-besarkan penggunaan kata ‘sekitar’, ‘kira-kira’, dan ‘kurang lebih’; lalu mereka menjadikannya sebagai “bukti” sains tidak mengetahui hasilnya dengan pasti. Mereka salah. Semua proses pengukuran memiliki galat, yang tidak dapat dihilangkan.

Lanjutkan membaca “Galat Pengukuran”

Pengukuran Langsung dan Tak Langsung

Pengukuran dapat dilakukan secara langsung, misalnya seperti mengukur panjang menggunakan penggaris atau meteran. Tetapi pengukuran juga dapat dilakukan secara tak langsung, yaitu mengukur sesuatu dengan mengukur besaran yang lain, lalu dihitung hal yang ingin kita ketahui melalui besaran lain yang diukur tersebut.

Kaum Bumi datar gemar mendiskreditkan hasil pengukuran yang tak sesuai dengan selera mereka, misalnya jarak Matahari, jarak ke Bintang, temperatur Matahari, kecepatan orbit & rotasi Bumi dan sebagainya. Alasannya semua pengukuran tersebut tidak dilakukan dengan langsung. Namun pada kenyataannya hampir semua alat ukur yang kita gunakan sehari-hari pun mengukur secara tidak langsung.

Lanjutkan membaca “Pengukuran Langsung dan Tak Langsung”

Analisis dari “Gerakan Nasional Menghitung Jarak Matahari”

“Gerakan Nasional Menghitung Jarak Matahari” adalah percobaan dari penganut Bumi datar di berbagai lokasi di dunia dalam rangka menghitung jarak ke Matahari. Berdasarkan analisis kami, dari data dan analisis yang kami kumpulkan, dapat disimpulkan bahwa tak ada keraguan bahwa Bumi bulat. Ini terlepas dari kesimpulan yang mereka kemukakan.

Berikut adalah intisari analisis kami dari beberapa hasil perhitungan gerakan ini yang dapat kami temukan di Internet. Kami akan perbaharui terus pos ini apabila ada perkembangan.

Lanjutkan membaca “Analisis dari “Gerakan Nasional Menghitung Jarak Matahari””