Mengapa Penerbangan Taiwan-Los Angeles Harus Jauh-Jauh Mendarat Darurat di Alaska?

Sebuah berita mengenai penumpang pesawat yang melahirkan pada rute penerbangan Taiwan – Los Angeles tiba-tiba menjadi viral karena pesawat tersebut mendarat darurat di Anchorage, Alaska. Jika dilihat di peta, maka sekilas terlihat bahwa Alaska jauh dari rute penerbangan Taiwan – Los Angeles. Maka untuk apa pesawat itu jauh-jauh mendarat darurat di Alaska? Mengherankan bukan?

Sesungguhnya peta merupakan proyeksi dari bentuk Bumi yang sebenarnya dan memiliki berbagai macam keterbatasan. Salah satu keterbatasan tersebut adalah:

Garis lurus belum tentu menggambarkan rute terdekat antara dua titik di bumi.

Untuk mencari jarak antara dua titik di permukaan Bumi perlu dilakukan dengan menggunakan metoda great circle. Untuk eksperimen, kamu bisa menggunakan seutas benang pada globe. Kamu bisa cek sendiri bahwa untuk kebanyakan kasus, hasilnya akan berbeda dengan garis lurus yang ditarik pada peta bumi.

Pada rute Taiwan – Los Angeles, rute terdekatnya akan menjadi seperti di bawah ini apabila digambarkan pada peta datar Bumi. Gambar dibuat menggunakan greatcirclemapper.net. Kamu juga dapat mendapatkan rute terdekat dari dua atau lebih bandara menggunakan situs tersebut.

Kamu juga bisa menggunakan situs World Map Generator – Tourist untuk menggambarkan rute terdekat dengan bermacam-macam proyeksi yang berbeda-beda.

Dengan demikian bukanlah hal yang aneh apabila pesawat dengan rute Taiwan – Los Angeles mendarat darurat di Anchorage, Alaska; karena Anchorage memang salah satu kota terdekat yang memiliki bandara besar yang dekat dengan rute tersebut.