Arah Matahari Terbit dan Terbenam

Pada kehidupan sehari-hari, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Matahari terbit di Timur dan tenggelam di Barat. Namun apakah hal tersebut bisa dijelaskan oleh model Bumi datar?

Ternyata tidak. Mari kita perhatikan dengan seksama peta yang diklaim sebagai peta Bumi datar.

Matahari Terbenam

Anggaplah kita berada di Makassar pada sore hari. Tentu semua sepakat bahwa Matahari akan terbenam pada sekitar waktu tersebut.

Selanjutnya mari kita cari dimana posisi Matahari pada saat itu.  Posisinya ada di atas negara yang sedang mengalami tengah hari di sekitar khatulistiwa. Menurut peta, tempat yang sesuai adalah Uganda di Afrika.

Mari kita lihat arah Uganda jika dilihat dari Makassar pada peta Bumi datar. Apakah arahnya ke Barat? Ternyata tidak. Menurut peta Bumi datar, arah Uganda adalah ke Barat Laut, bukan ke Barat.

Matahari Terbit

Sekarang mari kita anggap Matahari sedang terbit di Makassar. Di tempat manakah Matahari berada saat itu? Yaitu di tempat dimana sedang tengah hari di sekitar khatulistiwa. Tempat yang sesuai adalah Kiribati.

Apakah Kiribati dari Makassar arahnya ke Timur? Ternyata tidak juga. Arah Kiribati dari Makassar adalah Timur Laut, bukan Timur.

Kesimpulan

Tak sulit untuk mengambil kesimpulan bahwa model Bumi datar tidaklah sesuai dengan fakta yang dapat kita amati sehari-hari. Hasil pengamatan sederhana bahwa Matahari terbit dari Timur dan terbenam di Barat tak dapat dijelaskan pada model Bumi datar.


Keberatan-Keberatan dan Tanggapan-Tanggapan

Berikut adalah respon dari respon terhadap tulisan ini.

Tapi Matahari Tidak Terbit Tepat di Timur dan Tidak Terbenam Tepat di Barat?

Betul. Arah Matahari terbit dan terbenam tergantung dari gerak semu Matahari dan lokasi pengamat. Tulisan kami di atas hanya menggambarkan arah yang umum, bukan tepat ke arah Barat atau Timur.

Namun kita bisa pastikan hal-hal berikut ini:

  • Antara ekuinoks Maret (20 Maret) dan ekuinoks September (22-23 September), Matahari terbenam di kuadran Barat-Utara; dan terbit di kuadran Timur-Utara
  • Antara ekuinoks September dan ekuinoks Maret, Matahari terbenam di kuadran Barat-Selatan; dan terbit di kuadran Timur-Selatan.
  • Tepat di ekuinoks, Matahari akan terbenam tepat di Barat dan terbit tepat di Timur.

Pada model Bumi datar, fakta tersebut tak akan pernah dapat dijelaskan.

Arah Barat dan Timur Pada Bumi Datar Itu Berbeda, Tidak Seperti Pada Bumi Bulat

Itu hanya masalah semantik, masalah arti kata Barat dan Timur. Penganut Bumi datar bisa saja mendefinisikan ulang istilah Barat dan Timur sesuai keinginan mereka. Tetapi fakta di lapangan tidak akan bisa dijelaskan pada model Bumi datar.

Pada kenyataannya tetap saja Matahari terbit 90° ke searah jarum jam dari Utara, dan terbenam 90° berlawanan arah jarum jam dari Utara. Tapi pada model Bumi datar, Matahari terbit 45° ke arah jarum jam dari Utara, dan terbenam 45° berlawanan arah jarum jam dari Utara.

Merevisi arti Barat dan Timur tidak akan mengubah fakta bahwa fenomena Matahari terbit dan terbenam tak dapat dijelasan oleh model Bumi datar.