Field of View Foto Bumi Dari Luar Angkasa

Ada sebuah meme yang berasal dari kaum Bumi datar yang membandingkan dua buah foto. Foto pertama memperlihatkan Bumi di kejauhan dengan latar belakang Bulan, diambil dari jarak 384400 km. Foto kedua memperlihatkan Bumi di belakang Bulan, diambil dari jarak 1500000 km. Masalahnya pada foto yang diambil dari jarak yang lebih jauh, ukuran Bumi jauh lebih besar. “Mengherankan bukan?”

Tentunya tidak mengherankan, karena tak sulit untuk mencari penjelasan yang masuk akal.

Gambar pertama adalah ‘Earthrise’. Foto ini diambil oleh kru Apollo 8 saat mengorbit Bulan. Foto diambil menggunakan kamera medium format Hasselblad 500EL dengan lensa 250 mm. Ukuran film kamera ini adalah  60mm × 45mm. Berdasarkan parameter-parameter tersebut, dapat dihitung bahwa field of view kamera ini adalah 17°.

Gambar kedua adalah foto yang diambil dari satelit DSCOVR menggunakan instrumen EPIC yang memiliki field of view 0.61°. DSCOVR adalah satelit yang berada di Lagrangian point L1, yaitu lokasi tepat antara Matahari dan Bumi. Jadi foto yang diambil oleh satelit ini selalu bagian Bumi yang sedang mengalami siang hari. Foto pada meme diambil tepat saat Bulan melintasi pandangan dari satelit ini.

Bagi kamu yang mengerti fotografi, FoV dari foto Earthrise setara dengan lensa kamera 35mm dengan focal length 145mm. Sedangkan foto dari satelit DSCOVR setara dengan focal length 4000mm pada kamera 35mm.

Field of view kedua perangkat kamera yang digunakan jauh berbeda. Walaupun diambil dari jarak yang 4× lebih jauh, kamera EPIC memiliki field of view yang jauh lebih sempit, sehingga foto Bumi dapat memenuhi frame.

Kamu dapat buktikan sendiri dengan menggunakan kamera yang memiliki zoom lebih dari 4×. Pada setting zoom tertinggi, kamu bisa dapatkan gambar objek yang lebih besar daripada zoom terendah, walaupun jarak ke objek lebih jauh 4× lipat.

Dengan menambah zoom, artinya kamu mempersempit field of view. Sebaliknya dengan mengurangi zoom, kamu memperlebar field of view. Kedua foto dari meme tersebut memiliki selisih field of view sebesar 27×, setara dengan selisih dari zoom terendah dan tertinggi dari sebuah kamera yang memiliki zoom 27×.

Bulan Terlihat Lebih Gelap. Pasti ada apa-apanya.

Kamera EPIC diset untuk mengambil gambar Bumi dengan exposure normal. Hasilnya Bumi akan terlihat normal, tidak terang dan tidak gelap.

Bumi memiliki albedo 0.3. Artinya dari radiasi Matahari yang diterima Bumi, 0.3-nya akan dipantulkan. Albedo Bulan hanya 0.13, sehingga dengan setting exposure yang sama, Bulan akan terlihat lebih gelap daripada Bumi.

Referensi