Ilmu Falak

Featured Video Play Icon

Ibadah agama Islam tergantung pada observasi dan perhitungan yang membutuhkan pemahaman yang benar mengenai bentuk bumi yang sesungguhnya, yaitu bulat. Itu sebabnya ilmu falak dipelajari dalam Islam.

Kaum Bumi datar bersikeras perhitungan untuk keperluan ibadah agama Islam tidak dilakukan berdasarkan Bumi bulat. Hal ini dapat dibuktikan salah dengan membaca buku-buku penjelasan ilmu falak yang dapat kita peroleh di Internet.

Pedoman ilmu falak berikut ini dapat diunduh dengan gratis dari Internet.

“Ilmu Falak Praktik” terbitan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia. Unduh di sini: situs Kementerian Agamamirror lokal.

“Pedoman Hisab Muhammadiyah” terbitan Majelis Tarjih dan Tajdid, Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Unduh di sini: situs Muhammadiyah, issuu.commirror lokal.

Nahdlatul Ulama tidak memiliki buku seperti itu. Tetapi mereka memiliki situs web Lembaga Falakiyah PBNU yang salah satunya memuat kalkulator penentuan parameter ibadah secara langkah demi langkah berdasarkan Bumi bulat. Terdapat pula surat edaran “Prosedur Standar Pengukuran Arah Kiblat” mengenai cara penentuan kiblat berdasarkan Bumi bulat. Unduh di sini: situs Nahdlatul Ulama, mirror lokal.

Semua referensi tersebut membahas perhitungan astronomis yang berkaitan dengan ibadah agama Islam, seperti waktu shalat, arah kiblat, awal bulan hijriah dan waktu terjadinya gerhana. Semua perhitungan tentu saja dilakukan dengan menggunakan Bumi bulat.

Teks Untuk Copy Paste

1. “Ilmu Falak Praktik”, Terbitan Kementerian Agama. https://bumidatar.id/ka.pdf
2. “Pedoman Hisab Muhammadiyah”, Terbitan PP Muhammadiyah. https://bumidatar.id/mu.pdf
3. “Surat Instruksi Pengukuran Kiblat”, Nahdlatul Ulama. https://bumidatar.id/nu.pdf