Teorema Shell

Teorema shell (teorema kulit, teorema cangkang, Bahasa Inggris: shell theorem) adalah sebuah penyederhanaan bahwa sebuah benda bulat memberi efek gravitasi kepada benda lain seakan semua massanya terkonsentrasi pada sebuat titik di tengah-tengahnya.

Arah gravitasi Bumi yang menuju pusat Bumi membuat beberapa kaum Bumi datar berasumsi bahwa kita berpendapat bahwa gravitasi disebabkan oleh sesuatu di pusat Bumi, dan bahwa kita tak dapat pergi ke pusat Bumi artinya gravitasi belum terbukti. Mereka salah. Gravitasi Bumi adalah hasil dari seluruh masssa Bumi. Menggunakan pusat Bumi hanyalah sebuah penyederhanaan.

Lanjutkan membaca “Teorema Shell”

Teori-Teori Gravitasi

Gravitasi adalah fenomena alam dimana benda bermassa dan berenergi bergerak saling mendekati. Fenomena gravitasi saat ini dijelaskan oleh dua buah teori, yaitu hukum gravitasi universal Newton dan teori relativitas umum Einstein.

Kaum Bumi datar menganggap keberadaan dua penjelasan ini sebagai inkonsistensi sains, dan menjadikannya “bukti” adanya usaha untuk mengelabui kita. Hal tersebut tentunya hanya prasangka mereka saja. Kedua teori adalah penjelasan yang benar tentang gravitasi, dan dapat memprediksi gerak benda akibat gravitasi dengan baik.

Lanjutkan membaca “Teori-Teori Gravitasi”

Hukum Gravitasi Universal Newton

Gravitasi adalah fenomena alam dimana objek-objek yang memiliki massa dan energi cenderung saling bergerak mendekati. Tahun 1687, Isaac Newton menjelaskan fenomena ini sebagai sebuah gaya, yang dirumuskan ke dalam ‘Hukum gravitasi universal Newton’.

Penganut Bumi datar bersikeras gravitasi tidak ada. Namun hal ini hanya bersumber dari ketidaktahuan semata. Segala hal di kehidupan sehari-hari konsisten dengan apa yang dijelaskan dalam hukum gravitasi Newton.

Lanjutkan membaca “Hukum Gravitasi Universal Newton”

Isaac Newton dan Hukum Gravitasi Universal

Isaac Newton menemukan hukum gravitasi, yang mampu menjelaskan gerak benda langit yang diketahui saat itu. Dia juga menunjukkan bahwa hukum yang sama juga yang menyebabkan benda sehari-hari jatuh ke bawah.

Newton menulis bahwa dia belum dapat menemukan penyebab gravitasi & menolak untuk berspekulasi. Kaum Bumi datar menjadikan hal tersebut sebagai “bukti” Newton berbohong dan sebenarnya tak tahu gravitasi. Mereka salah. Hanya karena Newton tak tahu penyebab gravitasi, bukan berarti gravitasi salah.

Lanjutkan membaca “Isaac Newton dan Hukum Gravitasi Universal”