Teori-Teori Gravitasi

Gravitasi adalah fenomena alam dimana benda bermassa dan berenergi bergerak saling mendekati. Fenomena gravitasi saat ini dijelaskan oleh dua buah teori, yaitu hukum gravitasi universal Newton dan teori relativitas umum Einstein.

Kaum Bumi datar menganggap keberadaan dua penjelasan ini sebagai inkonsistensi sains, dan menjadikannya “bukti” adanya usaha untuk mengelabui kita. Hal tersebut tentunya hanya prasangka mereka saja. Kedua teori adalah penjelasan yang benar tentang gravitasi, dan dapat memprediksi gerak benda akibat gravitasi dengan baik.

‘Gravitasi’ adalah nama fenomenanya. Hukum gravitasi universal Newton dan teori relativitas umum Newton adalah dua buah penjelasannya. Hukum gravitasi universal Newton menjelaskan fenomena gravitasi sebagai sebuah gaya. Teori relativitas umum Einstein menjelaskan gravitasi sebagai lengkungan ruang waktu.

Hukum gravitasi universal Newton jauh lebih sederhana dan cukup akurat untuk kebanyakan kasus di dalam kehidupan manusia. Teori relativitas umum jauh lebih akurat, tetapi juga jauh lebih rumit. Teori relativitas umum dapat menjelaskan fenomena-fenomena yang sebelumnya tak dapat dijelaskan oleh hukum gravitasi universal Newton, dan juga menjelaskan hal-hal lain di luar gravitasi. Tetapi sangat sedikit dari fenomena yang tak dapat dijelaskan hukum gravitasi Newton yang terjadi di kehidupan manusia. Karena itu hukum gravitasi Newton tetap digunakan untuk hampir semua keperluan.

Kedua teori adalah dua buah penjelasan yang berbeda dan terpisah mengenai sebuah fenomena yang kita sebut ‘gravitasi.’ Keduanya valid dan tidak salah; hanya berbeda tingkat kerumitan dan akurasinya.

Referensi