Albedo Visual dari Bulan dan Bumi

Albedo visual adalah perbandingan dari cahaya Matahari yang dipantulkan oleh sebuah benda langit dan jumlah seluruh cahaya Matahari yang diterima, dengan hanya memperhitungkan cahaya tampak saja. Albedo visual dari Bumi adalah 0,37, sedangkan albedo visual dari Bulan adalah 0,12.

Bulan terlihat gelap jika Bumi juga terlihat di foto yang sama. Kaum Bumi datar menggunakan fakta tersebut untuk ‘membuktikan’ bahwa foto yang diambil dari luar angkasa tersebut palsu. Mereka salah. Bulan terlihat lebih gelap karena memantulkan lebih sedikit cahaya Matahari daripada Bumi.

Karena Bulan memiliki albedo visual jauh lebih kecil daripada Bumi, maka jika Bulan dan Bumi nampak di sebuah foto yang sama, maka Bulan akan terlihat jauh lebih gelap daripada Bumi, dengan catatan foto tersebut diambil dalam sekali jepret, tanpa olah digital.

Kita bisa saja menaikkan eksposur 2 stop agar Bulan terlihat lebih terang seperti Bulan yang terlihat pada foto-foto Bulan pada umumnya. Namun akibatnya, Bumi yang berada di foto yang sama akan terlihat terlalu terang (over-exposed).

Referensi