Perbedaan Ukuran Bukaan Lensa: Penyebab Benda Yang Terhalang Dapat Terlihat Setelah Di-Zoom

Pernahkah anda melihat video dari penganut Bumi datar yang mencoba untuk memperlihatkan bahwa objek di kejauhan yang nampak terhalang akan dapat kembali terlihat setelah di-zoom? Setelah itu dia akan menyimpulkan hal yang sama terjadi pada kapal di kejauhan, dan penyebab kapal tak terlihat bukanlah lengkungan Bumi.

Ternyata tidak sama sekali. Penyebab sebenarnya hanyalah karena objek penghalang posisinya dekat, dan ada perbedaan ukuran bukaan lensa setelah di-zoom. Pada kamera dengan rentang zoom yang jauh —seperti Nikon P900—, perbedaannya akan sangat terlihat.

Saat di-zoom dengan setting terlebar, ukuran bukaan lensa adalah yang terkecil. Sebaliknya, saat di-zoom dengan setting terpanjang, ukuran bukaan lensa adalah yang terbesar.

Objek dapat kembali terlihat setelah di-zoom hanya karena ukuran bukaan lensa membesar setelah di-zoom.

Contoh Kasus pada Nikon COOLPIX P900

Nikon P900 bisa dibilang merupakan kamera paling populer pada ‘industri’ Bumi datar, karena memiliki rentang zoom paling jauh dari kamera yang ada dan pernah ada saat artikel ini dibuat. Kamera memiliki rentang zoom sebesar 83×.

Lensanya memiliki rentang panjang fokal dari 4.3 mm sampai 357 mm, dan apertur maksimum dari f/2.8 sampai f/6.5. Angka pertama adalah pada zoom terlebar, dan angka kedua adalah pada zoom terpanjang. Untuk mendapatkan ukuran bukaan, dapat kita lakukan dengan mudah dengan cara membagi panjang fokal dengan aperturenya.

Kamera ini memiliki bukaan yang lebih lebar 37× pada zoom terpanjang dibandingkan pada zoom terlebar, atau lebih dari 5 cm. Perbedaan itu sudah cukup untuk dapat dengan mudah mendapatkan fenomena yang dibahas di atas.

Referensi