Bulan Yang Tak Menjadi Gelap Pada Foto Gerhana Bulan Total

“Jika kita lihat foto-foto yang mengabadikan perkembangan berlangsungnya gerhana Bulan, Bulan terlihat berubah warna menjadi merah, tetapi tak berubah menjadi gelap. Karena itu gerhana Bulan total tak mungkin disebabkan oleh bayangan Bumi.”

Beberapa penganut Bumi datar —yang sepertinya belum pernah melihat langsung gerhana Bulan total— mengklaim hal tersebut.

Saat terjadi gerhana Bulan, sebenarnya Bulan berubah menjadi gelap. Hal ini dapat dengan mudah diamati jika kita lihat dengan mata kita sendiri. Dan prosesnya akan terlihat dengan jelas. Bulan akan menjadi gelap saat perlahan-lahan berubah dari bulan penuh sampai menjadi gerhana Bulan total.

Pada foto-foto yang menggambarkan perkembangan gerhana, Bulan terlihat dalam tingkat kecerahan yang konstan. Hal ini bukan karena Bulan itu sendiri yang memiliki tingkat kecerahan yang konstan, melainkan kamera yang digunakan untuk mengambil gambar diset untuk melakukan kompensasi terhadap berkurangnya cahaya dengan cara menaikkan eksposur. Akibatnya foto yang dihasilkan memiliki kecerahan yang sama, mulai dari Bulan penuh, sampai menjadi gerhana Bulan total.

Pada kenyataannya, perbedaan eksposur antara bulan penuh dan gerhana bulan total bisa mencapai 19 stop. Dengan kata lain, Bulan penuh bisa menghasilkan cahaya 500000× lebih banyak daripada Bulan saat terjadi gerhana Bulan total.

Referensi