Bagaimana Mereka Mencoba Mengelabui Kita Semua Melalui Video yang Diambil dari Balon Stratosfer

Banyak dari meme Bumi datar menampilkan foto yang diambil dari balon ketinggian tinggi / balon stratosfer, yang memperlihatkan horizon yang terlihat datar. Foto-foto tersebut tentu saja tak dapat dijadikan sebagai ‘bukti’ Bumi datar. Horizon terlihat datar hanya karena distorsi barel yang disebabkan oleh lensa fisheye yang digunakan untuk mengambil foto tersebut.

Berikut ini adalah bagaimana oknum-oknum Bumi datar yang tak bertanggung jawab mencoba untuk mengelabui kita semua dengan menggunakan video yang diambil dari balon stratosfer.

  1. Mereka mencari video yang diambil dari balon stratosfer. Pada kebanyakan kasus, video tersebut diambil dengan menggunakan lensa fisheye.
  2. Pada video tersebut, ada banyak situasi yang memperlihatkan horizon cembung, horizon datar dan horizon cekung.
  3. Mereka dengan sengaja memilih momen saat horizon terlihat datar. Dan pura-pura tak ada momen lain saat horizon terlihat cekung atau cembung.
  4. Mereka menambahkan tulisan emosional, menuduh pihak-pihak lain seperti NASA menipu dan berbohong, walaupun yang menipu dan berbohong sebenarnya adalah mereka sendiri.
  5. Mereka menyebarkan meme tersebut, dengan harapan pembaca akan menjadi emosi setelah membaca tulisannya.

Jika berhasil, akan ada pembaca yang tak mampu lagi menggunakan pemikiran kritisnya dengan efektif, dan terjerumus menjadi korban indoktrinasi Bumi datar. Korban-korban tersebut akan turut membantu oknum-oknum ini menyebarkan meme tersebut dan tak akan bersedia meluangkan waktu mencari video aslinya untuk memastikan kebenarannya.

Bahkan jika ada orang lain yang menunjukkan video aslinya, mereka akan terlalu malu dan tak akan dengan mudah mengakui kesalahannya. Mereka akan menciptakan “penjelasan” secara spontan untuk membenarkan peran serta mereka menyebarkan informasi yang menyesatkan tersebut; atau mengalihkan pembicaraan dengan berpura-pura tak pernah melihat video aslinya.

Video asli yang digunakan dalam ilustrasi