Rel kereta dibuat dengan mengikuti permukaan Bumi, dengan meminimalkan kemiringan sebisa mungkin. Karena itu, rel kereta juga otomatis mengikuti lengkungan Bumi. Banyak pula rel kerta dibuat secara khusus dengan memperhatikan lengkungan Bumi.
Kaum Bumi datar mengklaim rel kereta selalu lurus, dan tidak dibuat dengan memperhitungkan lengkungan Bumi. Mereka salah. Proses leveling pada pembuatan rel kereta dilakukan dengan memperhatikan lengkungan Bumi. Dan ada banyak referensi mengenai konstruksi rel kereta dimana lengkungan Bumi diperhitungkan secara khusus.
Referensi
- Field-book for Railroad Engineers – John B. Henck
- A Treatise on the Principles and Practice of Levelling: Showing Its Application to Purposes of Railway Engineering and the Construction of Roads – Frederic Walter Simms
- Charleston & Hamburg, A South Carolina Railroad and an American Legacy – Thomas Fetters
- Selected Problems of Determining the Course of Railway Routes by Use of GPS Network Solution – Władysław Koc, Cezary Specht
- Grade (slope) – Wikipedia