Foto dari Balon Udara Little Piggy – Bukti Bumi Datar?

Little Piggy adalah nama balon udara buatan IndianaCaver. Little Piggy mencapai ketinggian hampir 37 km, sebelum akhirnya meledak dan jatuh ke Bumi. Sebelum jatuh, Little Piggy merekam video yang diupload IndianaCaver ke channel YouTube-nya. Dari beberapa video ini, para penganut Bumi datar mencomot beberapa gambar dan menyimpulkan bahwa Bumi datar. Gambar ini kemudian menjadi viral, bahkan sampai saat ini.

Betulkah?

Dari sekian banyak video Little Piggy ternyata ada banyak frame yang menampilkan horizon datar, cembung, dan cekung. Tentunya ini karena lensa yang digunakan adalah lensa fisheye. Sudah bisa diprediksi sebelumnya bahwa gambar yang diambil kaum Bumi datar sengaja dipilih yang terlihat datar.

Kali ini penulis mempraktikkan ‘hukum distorsi pada lensa kamera’ yang telah dibahas sebelumnya:

Apapun jenis distorsinya, pada lensa fotografi, garis lurus akan tetap lurus apabila garisnya melalui titik tengah pada gambar.

Penulis juga menggunakan simulator kelengkungan dari Walter Bislin untuk mengecek apakah kelengkungan yang terjadi realistis untuk ketinggian 33 km. Untuk konversi hasil simulasi dari rectilinear menjadi fish-eye, penulis menggunakan utilitas ‘convert’ dari ImageMagick.

Penulis tidak tahu kamera/lensa yang digunakan dengan pasti. Untuk keperluan ini, penulis menebak bahwa mereka menggunakan GoPro dengan setting wide-angle.

Hasilnya? Ternyata semua sesuai dengan ekspektasi apabila Bumi berbentuk bulat. Dengan demikian satu lagi dari sekian banyak klaim penganut Bumi datar terpatahkan.

Referensi