Matahari Terbenam, Zoom Kamera dan Auto-Exposure

Ada beberapa video yang beredar di komunitas korban paham Bumi datar. Dalam video ini diperlihatkan bahwa Matahari terlihat terbenam, tapi setelah dilakukan zoom, ternyata Matahari belum terbenam. Konon, hal ini dijadikan ‘bukti’ bahwa Matahari hanya kelihatan terbenam, tapi sebenarnya menjauh.

Tentu saja ada penjelasan yang lebih masuk akal. Seperti pada kasus lainnya yang serupa, semuanya bersumber pada ketidaktahuan mereka mengenai fotografi.

Lanjutkan membaca “Matahari Terbenam, Zoom Kamera dan Auto-Exposure”

Ketajaman Foto Bumi

Jika permukaan Bumi bergerak dengan kecepatan 1674 km/jam di khatulistiwa, bagaimana mungkin mengambil foto Bumi yang tidak blur? Selama ini foto Bumi yang ada tidak terlihat adanya gerakan (motion blur). Mengambil foto objek yang sedang bergerak sedikit saja bisa blur, apalagi Bumi yang bergerak dengan kecepatan sangat tinggi!

Untuk itu mari kita hitung berapa shutter speed yang dibutuhkan untuk membuat foto Bumi tajam dan tidak blur.

Lanjutkan membaca “Ketajaman Foto Bumi”

Earthshine: Bukti Bulan Menutupi Matahari Saat Terjadi Gerhana Matahari Total

Beberapa penganut Bumi datar berpendapat bahwa gerhana Matahari tidak disebabkan oleh tertutupnya Matahari oleh Bulan, tetapi karena Matahari tertutup oleh sebuah ‘benda selestial’ yang misterius.

Alasannya adalah keberadaan Bulan tak dapat diamati saat terjadinya gerhana. Dan model gerhana seperti ini tidak kompatibel dengan keyakinan mereka mengenai pergerakan Matahari dan Bulan.

Sebenarnya ada cara untuk membuktikan Bulan yang menutupi Matahari. Cara ini sangat langsung dan sederhana, dan tidak membutuhkan pengamatan yang teliti atau perhitungan yang rumit.

Lanjutkan membaca “Earthshine: Bukti Bulan Menutupi Matahari Saat Terjadi Gerhana Matahari Total”

Field of View Foto Bumi Dari Luar Angkasa

Ada sebuah meme yang berasal dari kaum Bumi datar yang membandingkan dua buah foto. Foto pertama memperlihatkan Bumi di kejauhan dengan latar belakang Bulan, diambil dari jarak 384400 km. Foto kedua memperlihatkan Bumi di belakang Bulan, diambil dari jarak 1500000 km. Masalahnya pada foto yang diambil dari jarak yang lebih jauh, ukuran Bumi jauh lebih besar. “Mengherankan bukan?”

Tentunya tidak mengherankan, karena tak sulit untuk mencari penjelasan yang masuk akal.

Lanjutkan membaca “Field of View Foto Bumi Dari Luar Angkasa”

Perspektif: Tidak Membuat Matahari Terlihat Terbenam

Salah satu lubang menganga yang perlu ditambal pertama kali oleh penganut Bumi datar adalah fakta bahwa Matahari itu mengalami terbit dan terbenam sekali dalam satu hari. Jika Bumi datar, maka seharusnya Matahari akan terlihat dari mana saja, dan tidak akan pernah terjadi malam. Untuk menambal lubang besar ini, maka diciptakanlah sebuah ad-hoc hypothesis bahwa Matahari terbenam salah satunya adalah karena perspektif.

Dalihnya adalah bahwa benda terlihat mengecil mendekati horizon saat menjauh. Mereka kemudian melakukan ekstrapolasi sembarangan: jika terus menjauh, maka bukan hanya mendekati horizon, tapi juga akan melewati horizon dan tidak lagi terlihat.

Lanjutkan membaca “Perspektif: Tidak Membuat Matahari Terlihat Terbenam”

Kelengkungan Horizon Pada Video Balon Stratosfer

Video balon stratosfer sering dijadikan ‘barang bukti’ oleh penganut Bumi datar untuk memperlihatkan bahwa ‘Bumi tidak memiliki lengkungan’.

Ironisnya, penulis telah melakukan analisis sederhana pada lebih dari dua lusin video balon stratosfer di YouTube, dan kesimpulannya adalah:  secara objektif ada lengkungan, dan sama sekali tidak sulit untuk mengamatinya, termasuk pada video ‘bukti’ yang disodorkan flatearther.

Lanjutkan membaca “Kelengkungan Horizon Pada Video Balon Stratosfer”

Kilauan/Glare Membuat Matahari Terlihat Lebih Besar

Beberapa penganut Bumi datar mengklaim Matahari tidak terbenam tetapi menjauh. ‘Bukti’ yang diberikan adalah foto/video yang menampilkan Matahari yang ukurannya mengecil saat terbenam.

Sebenarnya ukuran Matahari tetap, dan jaraknya dari Bumi praktis tidak berubah. Ukuran Matahari sepanjang hari tetap sama, yaitu kurang lebih 0,5°. Ukuran Matahari terlihat berbeda karena efek kilauan/glare.

Lanjutkan membaca “Kilauan/Glare Membuat Matahari Terlihat Lebih Besar”

Ilusi Awan Terlihat Di Belakang Matahari dan Bulan

Kadang kita melihat awan terlihat seperti di belakang Matahari dan Bulan. Tentunya ini adalah ilusi penglihatan, namun tak jarang hal ini dijadikan ‘bukti’ bahwa Matahari atau Bulan letaknya tidak tinggi, dan jauh lebih dekat daripada yang dikatakan oleh sains mainstream.

Lanjutkan membaca “Ilusi Awan Terlihat Di Belakang Matahari dan Bulan”

Efek Starburst Bukan CGI

Tak jarang ‘kejanggalan’ pada foto menjadi sasaran tembak kaum Bumi datar. Umumnya disebabkan karena ketidaktahuan akan fotografi. Jika ditemukan ‘kejanggalan’ sekecil apapun, maka gambar akan dituduh hasil manipulasi, atau CGI. Padahal penjelasannya sangat sederhana, dan tidak sulit untuk dimengerti.

Salah satu ‘kejanggalan’ ini adalah efek starburst pada foto matahari. Karena matahari terlihat tidak seperti yang mereka lihat sehari-hari, maka disimpulkan hasil manipulasi. Betulkah demikian?

Lanjutkan membaca “Efek Starburst Bukan CGI”

Perbedaan Foto Bumi Terbitan NASA Dari Tahun ke Tahun

Setiap kali NASA merilis foto Bumi, maka akan ada perbedaan dibandingkan dengan foto sebelumya. “Masalah” ini terkadang dibesar-besarkan oleh penganut Bumi datar.

Lanjutkan membaca “Perbedaan Foto Bumi Terbitan NASA Dari Tahun ke Tahun”

Foto dari Balon Udara Little Piggy – Bukti Bumi Datar?

Little Piggy adalah nama balon udara buatan IndianaCaver. Little Piggy mencapai ketinggian hampir 37 km, sebelum akhirnya meledak dan jatuh ke Bumi. Sebelum jatuh, Little Piggy merekam video yang diupload IndianaCaver ke channel YouTube-nya. Dari beberapa video ini, para penganut Bumi datar mencomot beberapa gambar dan menyimpulkan bahwa Bumi datar. Gambar ini kemudian menjadi viral, bahkan sampai saat ini.

Betulkah?

Lanjutkan membaca “Foto dari Balon Udara Little Piggy – Bukti Bumi Datar?”

Tantangan Foto Bulan dan Bintang

Banyak yang tidak percaya bahwa sulitnya mengambil foto benda langit seperti Bulan atau Bumi pada siang hari namun latar belakang bintang harus kelihatan. Umumnya fotografer tidak mempedulikan hal ini, tidak perlu susah payah berusaha agar bintangnya ikut kelihatan.

Lanjutkan membaca “Tantangan Foto Bulan dan Bintang”

Mengapa Bintang Tidak Terlihat Pada Banyak Foto Luar Angkasa?

Mengapa foto langit di luar angkasa tidak terlihat adanya bintang? Pasti ada apa-apanya.

Contoh paling populer adalah foto “Earthrise” yang diambil dari misi Apollo ke bulan di bawah ini.

Lanjutkan membaca “Mengapa Bintang Tidak Terlihat Pada Banyak Foto Luar Angkasa?”

Fisheye Tak Selalu Bisa Dijadikan Alasan

Salah satu hal paling umum yang digunakan penganut Bumi datar untuk mendiskreditkan foto-foto lengkungan Bumi adalah efek lensa “Fisheye”.

Fisheye umumnya digunakan untuk astrofotografi, fotografi sains, pembuatan gambar panorama atau pada action camera (GoPro). Lensa fisheye digunakan apabila diperlukan sudut pandang yang besar, namun tidak diinginkan distorsi pada bagian luar gambar yang terjadi pada lensa ultrawide angle rectilinear. Lensa fisheye memiliki barrel distortion yang sangat kuat sehingga gambar hasilnya tidak terlihat seperti objek aslinya, terutama apabila objek mengandung garis lurus.

Lanjutkan membaca “Fisheye Tak Selalu Bisa Dijadikan Alasan”

Foto Bumi Dari Luar Angkasa dan Ukuran Benua Amerika

Bagian yang terlihat pada Bumi tergantung dari jarak pandang. Semakin dekat, maka semakin sedikit bagian dari Bumi yang terlihat. Semakin jauh, maka semakin banyak bagian Bumi yang terlihat. Namun sejauh apapun, kamu tidak akan bisa melihat kedua kutub Bumi sekaligus.

Untuk menjadikan ukuran bola Bumi sama pada kedua gambar tersebut, penulis menggunakan dua lensa yang berbeda. Gambar kiri diambil menggunakan lensa normal zoom 24-70mm pada 70mm. Gambar kanan diambil menggunakan lensa wide angle 16-35mm pada 16mm.

Kamu juga bisa melakukan percobaan yang sama jika kamu memiliki globe. Untuk kamera, kamu bisa menggunakan kamera ponsel.

Untuk mensimulasikan masalah ini, kamu dapat menggunakan simulator di sini: The True Face of the Earth, Camera Distance matters

Foto Lengkungan Bumi: Jalur Transmisi Lake Pontchartrain, Amerika Serikat

Lake Ponchartrain adalah sebuah danau di Louisiana, Amerika Serikat. Ada sebuah jalur transmisi listrik sepanjang 25 km yang melewati danau ini. Jalur transmisi ini praktis lurus dan memiliki ketinggian yang praktis sama. Fakta tersebut menjadikan objek tersebut cocok untuk mengamati kelengkungan permukaan bumi.

Lanjutkan membaca “Foto Lengkungan Bumi: Jalur Transmisi Lake Pontchartrain, Amerika Serikat”

Star Trail: Bukti Bumi Bulat dan Berotasi Pada Porosnya

Di bagian utara bumi, apabila kita melihat ke arah utara, kita akan melihat bintang-bintang berputar mengelilingi sebuah titik. Arah perputaran ini adalah kebalikan arah jarum jam.  Titik perputaran ini tidak terlihat apabila pengamat berada di Bumi bagian selatan.

Sebaliknya, di bagian selatan bumi, apabila kita melihat ke arah selatan, kita akan mengamati bintang berputar mengelilingi sebuah titik, tetapi ke arah berlawanan. Dan titik perputaran ini tidak akan terlihat apabila pengamat berada di Bumi bagian utara.

Lanjutkan membaca “Star Trail: Bukti Bumi Bulat dan Berotasi Pada Porosnya”