Berpijarnya Matahari Dalam Hampa Udara

Pertanyaan yang tak jarang ditemukan di dalam komunitas korban paham Bumi datar:

Jika lilin tidak akan menyala jika ditutup gelas, bagaimana mungkin Matahari bisa menyala jika luar angkasa hampa udara?

Jawabannya tentunya adalah reaksi pada lilin tidak sama dengan reaksi pada Matahari.

Lanjutkan membaca “Berpijarnya Matahari Dalam Hampa Udara”

Mengamati Merkurius dan Venus

Merkurius dan Venus memiliki orbit lebih dekat ke Matahari dibandingkan Bumi. Lalu bagaimana caranya kedua planet ini bisa terlihat dari Bumi? Saat malam hari bukankah kedua planet ini seharusnya terhalang oleh Bumi?

Lanjutkan membaca “Mengamati Merkurius dan Venus”

Earthshine: Bukti Bulan Menutupi Matahari Saat Terjadi Gerhana Matahari Total

Beberapa penganut Bumi datar berpendapat bahwa gerhana Matahari tidak disebabkan oleh tertutupnya Matahari oleh Bulan, tetapi karena Matahari tertutup oleh sebuah ‘benda selestial’ yang misterius.

Alasannya adalah keberadaan Bulan tak dapat diamati saat terjadinya gerhana. Dan model gerhana seperti ini tidak kompatibel dengan keyakinan mereka mengenai pergerakan Matahari dan Bulan.

Sebenarnya ada cara untuk membuktikan Bulan yang menutupi Matahari. Cara ini sangat langsung dan sederhana, dan tidak membutuhkan pengamatan yang teliti atau perhitungan yang rumit.

Lanjutkan membaca “Earthshine: Bukti Bulan Menutupi Matahari Saat Terjadi Gerhana Matahari Total”

Hill Sphere: Mengapa Bulan Mengorbit Bumi

Gaya tarik antara Bulan dan Matahari adalah 4.35825563 × 1020 N. Gaya tarik antara Bulan dan Bumi adalah 1.98195662 × 1020 N. Gaya tarik antara Bulan dan Matahari lebih dari 2× lebih besar daripada gaya tarik antara Bumi dan Bulan.

Jika demikian, mengapa Bulan mengorbit Bumi, dan tidak mengorbit Matahari langsung?

Lanjutkan membaca “Hill Sphere: Mengapa Bulan Mengorbit Bumi”

Planet Neptunus dan Hukum Gravitasi

Tidak seperti planet lainnya yang ditemukan melalui observasi, planet Neptunus ditemukan melalui perhitungan matematis yang melibatkan Hukum Gravitasi Newton.

Lanjutkan membaca “Planet Neptunus dan Hukum Gravitasi”

Skala Matahari, Bumi, Bulan dan Benda Langit Lainnya

Pada semua penggambaran tentang Matahari, Bumi dan Bulan, nyaris tidak pernah ditemukan penggambaran dengan skala yang sesuai proporsi ukuran aslinya. Oleh kaum Bumi datar, kadang kenyataan ini dijadikan alasan untuk mengemukakan “kegagalan sains modern untuk menjelaskan gerakan benda langit” atau semacamnya.

Lanjutkan membaca “Skala Matahari, Bumi, Bulan dan Benda Langit Lainnya”

Gerhana Bulan: Bukti Awal Bumi Bulat

Abad 5 sebelum Masehi, umat manusia sudah memprediksi bahwa Bumi berbentuk bulat berdasarkan pemikiran. Abad 4 sebelum Masehi, Anaxagoras membuktikannya melalui pengamatan pada gerhana Bulan. Anaxagoras adalah orang pertama yang berhasil memberikan penjelasan mengenai terjadinya gerhana Bulan, yaitu bahwa Bumi tepat berada di antara Matahari dan Bulan.

Anaxagoras berkesimpulan bahwa Bumi bulat dengan melihat bayangan Bumi pada bulan yang berbentuk melengkung.

Lanjutkan membaca “Gerhana Bulan: Bukti Awal Bumi Bulat”